Lima Tanda Handphone Disadap Oleh Hacker!

Ilustrasi hacker. (Sumber: Pexels)
Isi Tabel

Di zaman sekarang, teknologi digital berkembang sangat pesat dan canggih. Selain itu, banyak sekali data-data yang disimpan dalam teknologi. Apalagi sekarang ini kejahatan secara virtual kerap terjadi, seperti praktik penyadapan handphone oleh hacker

Hingga akhirnya semua data-data di telepon genggam pun dicuri oleh sang hacker. Lalu, bagaimana cara kita buat tahu kalau handphone disadap? Yuk, langsung saja kita simak lima tanda handphone bila disadap hacker!

Baca juga: 3 Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Jadi Hacker!

Ada Panggilan Keluar atau SMS Aneh

Coba lihat daftar panggilan keluar (outgoing call) atau SMS. Adakah kamu mendapatkan panggilan atau SMS aneh dari nomor yang tak dikenal? Jika kamu mendapatkannya, maka waspadalah! Hal tersebut mungkin saja kelakuan hacker yang mencoba mengetahui data milikmu. Oleh karena itu, segera block nomor tersebut atau periksa tagihan telepon untuk mengetahui biaya apa pun yang tidak dikenali.

Iklan Pop-up Aneh

Tidak semua iklan pop-up menandakan handphone kamu telah diretas. Namun, cobalah berhati-hati jika menemukan ini di handphone kamu karena berpotensi disusupi adware. Nah, adware ini merupakan bentuk malware yang dapat menghasilkan klik dan uang korban.

Penggunaan Data di Handphone yang Kena Hacker Tinggi

Tanda ini dapat berasal dari aktivitas malware atau aplikasi mata-mata (spy apps) yang berjalan di latar belakang. Setelah mendapat informasi dari aktivitas tersebut, maka akan dikirimkan kembali ke server milik hacker. Kamu dapat mengenali tanda ini ketika mendapatkan tagihan data tinggi di akhir bulan.

Masalah Baterai

Meskipun, baterai handphone memiliki masa pakai yang akan berkurang. Namun, ternyata umur baterai dapat lebih singkat bila disusupi software perusak. Software ini dapat menurunkan ketahanan baterai secara signifikan. Sebab, malware atau aplikasi mata-mata ini berpotensi menggunakan sumber daya handphone saat memindai perangkat. Kemudian, software tersebut akan mengirimkan informasi kembali ke server hacker.

Performa Handphone yang Disadap Oleh Hacker Memburuk

Ini Pertanda Jika HP Anda Disadap Hacker, Waspada Rampok!

Ilustrasi handphone yang disadap oleh hacker

Jika handphone dan aplikasi didalamnya sering error, maka bisa jadi ada penyusup! Handphone kamu mungkin terdapat malware yang dapat mengurangi performa sistem. 


Itulah lima tanda handphone kamu kena hack yang harus diketahui. Oleh karena itu, tetap waspada ya dalam menyimpan data atau melakukan aktivitas virtual lainnya!

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments