Baterai Ponsel Lipat Boros? Ikuti Tips Berikut ini!

Ilustrasi baterai ponsel lipat boros. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Walaupun terlihat modis dan penuh gaya, para pengguna ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 4 5G dan Galaxy Z Fold 4 5G pasti merasa baterai smartphone-nya boros. Hal ini diakibatkan karena ponsel ini memiliki dua layar sekaligus sehingga performanya menguras daya baterai.

Selain itu, baterai ponsel lipat yang sudah ramai di pasaran ini memiliki kapasitas baterai yang tidak terlalu besar. Walaupun versi terbaru telah diperbaharui, tetap saja daya baterai ponsel ini tak bisa bertahan lama untuk dipakai seharian penuh.

Namun, tak perlu khawatir. AwanApps akan membagikan tips untuk memaksimalkan baterai ponsel lipat agar tak cepat habis. Simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 & Z Flip 4 Rilis, Ini Spesifikasinya!

Aktifkan Mode Power Saving agar Baterai Tidak Boros

Saat kamu mendapati baterai ponsel lipatmu tinggal sedikit namun tak sempat mengisi dayamu, mengaktifkan mode Power Saving agar bateraimu tetap awet. 

Saat mode ini diaktifkan, perangkat akan mematikan fitur-fitur yang membuat baterai terkuras. Fitur yang dinon-aktifkan antara lain adalah Always On Display dan beberapa Background App yang sedang tidak digunakan. 

Selain itu, speed CPU dan kecerahan layar diminimalisir agar performa perangkat ikut diturunkan.Dengan begitu, baterai ponsel lipat kamu tidak akan cepat habis. 

Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Swipe bagian atas layar ponselmu, lalu pergi ke panel quick setting
  2. Tap ikon Power Saving sampai berubah warna menjadi biru. 
  3. Kamu juga bisa pencet ikon dengan untuk mengkustom penghematan daya.

Atur Aplikasi yang Menguras Baterai Menjadi “Tidur”

Kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang membuat baterai ponsel lipatmu boros. Maka dari itu, aturlah deretan aplikasi tersebut menjadi “tidur”.

Cara ini penting untuk dilakukan karena tanpa disadari beberapa aplikasi mengonsumsi baterai ponsel sehingga cepat habis. Hal ini membuatmu harus mengisi kembali daya baterai secara berkala yang menimbulkan potensi kerusakan baterai.

Untuk itu, segera aktifkan mode “tidur” ketika baterai ponselmu sudah dalam keadaan krisis. Berikut adalah caranya:

  1. Pertama, buka Settings. Lalu, pilih Battery and device care. Kemudian, pilih Battery
  2. Setelah itu, silakan pilih Background usage limits
  3. Aktifkan toggle “Put unused apps to sleep” untuk pengaturan secara otomatis.
  4. Jika ingin menggunakan pengaturan manual, tambah aplikasi di Sleeping apps dan Deep sleeping apps.

Matikan fitur-fitur yang tidak digunakan

Saat sedang di luar rumah dan keadaan tidak memungkinkanmu untuk mengisi daya bateraimu, mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan adalah cara yang paling jitu. Biasanya, tanpa disadari ada beberapa fitur yang ternyata malah menguras baterai ponselmu.

Maka dari itu, perlu untuk mengetahui beberapa fitur yang bisa membuat baterai ponselmu cepat habis. Berikut daftarnya:

  1. Auto Sync

    Fitur ini berfungsi untuk menjaga tiap akun yang didaftarkan tersinkronasi secara otomatis pada perangkatmu. Walau perannya penting, namun ternyata Auto Sync dapat perangkatmu terusbekerja yang menyebabkan bateraimu cepat habis. Jadi, kamu bisa menghemat baterai jika menonaktifkan fitur yang satu ini.
  2. Nearby Device Scanning

    Tanpa disadari, sambungan Wi-Fi di perangkat masih menyala padahal sudah tidak lagi tersambung. Hal ini pun juga menyebabkan baterai ponsel boros. Maka dari itu, pastikan fitur ini dalam keadaan mati ketika sedang tidak tersambung jaringan Wi-Fi.
  3. Location

    Dengan mengaktifkan location, secara otomatis lokasimu akan terdeteksi secara otomatis ketika sedang menggunakan aplikasi ojek online. Namun, sebaiknya kamu perlu mematikannya ketika sedang tidak digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghemat daya bateraimu agar tetap tahan lama.


Itulah tips yang bisa dilakukan agar baterai ponsel lipat kamu tidak boros. Cara di atas bisa kamu lakukan untuk menghemat daya baterai. Dengan begitu, kesehatan baterai ponselmu juga akan terjaga sehingga ponselmu terhindar dari kerusakan. Selamat mencoba!

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 VS Galaxy Z Flip 3

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments