5 Fitur Gmail Ini Bisa Bantu Pekerjaanmu, Wajib Dicoba!

Ilustrasi membuka aplikasi Gmail. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Pastinya, kamu sudah tidak asing lagi dengan Gmail, kan? Layanan yang satu ini umum digunakan sebagai sarana komunikasi melalui surat-menyurat elektronik. Namun, seiring berjalannya waktu, Gmail menyuguhkan berbagai fitur terbaru yang ternyata dapat mempermudah pekerjaan kamu.

Sebagai contoh, kalau sebelumnya kamu hanya bisa sekadar mengirim email atau surel (surat elektronik) ke kerabat atau teman kerja, sekarang kamu juga bisa ngobrol bareng mereka lewat video call, lho. Lantas, ada apa saja? Yuk, langsung saja simak 5 fitur gmail yang dapat memudahkan pekerjaanmu!

Baca juga: Lima Kelebihan Google Drive Yang Patut Diketahui!

Fitur Jadwal Pesan di Gmail

Ilustrasi fitur jadwal pesan

Yang pertama adalah jadwal pesan. Seperti namanya, fitur ini memungkinkanmu untuk mengirim email di waktu tertentu. Caranya cukup gampang, yakni:

  1. Buka Gmail di komputer;
  2. Lalu, klik tombol ‘+’ atau ‘Tulis’;
  3. Mulailah membuat email yang hendak dikirim;
  4. Di bagian ‘Kirim’, klik panah drop-down yang ada;
  5. Klik ‘Jadwalkan pengiriman’, lalu atur waktu yang diinginkan.┬áNantinya, pesanmu akan otomatis terkirim sesuai jadwal tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah ataupun membatalkan jadwal yang telah kamu tentukan.

Fitur Mode Rahasia

lima fitur gmail

Ilustrasi fitur mode rahasia

Ketika kamu gak mau file yang kamu kirim ke teman disebarkan sembarangan, gunakan saja mode rahasia. Setiap surel yang telah diaktifkan dengan fitur ini sudah tidak dapat diteruskan, disalin, dicetak, ataupun diunduh lampirannya.

Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa pesan dalam mode rahasia tidak dapat dijadwalkan pengirimannya. Di samping itu, temanmu juga masih bisa mengambil screenshot email yang dikirim semisal dia ingin menyebarkan ke orang lain.

Fitur Mute

Tampilan ketika menggunakan fitur mute dari Gmail

Fitur Gmail berikutnya adalah mute. Sesuai namanya, fitur ini membantumu untuk mematikan sementara pemberitahuan email yang masuk. Jadi, apabila kamu sedang bekerja dan tidak mau diganggu dengan bunyi notifikasi apapun, kamu bisa memanfaatkan mute.

Caranya adalah dengan membuka surel yang dimaksud. Kemudian, klik tombol tiga titik di bagian atas. Dari menu yang ada, pilih ‘mute’. Nantinya, email tersebut akan otomatis masuk ke folder arsip. Di samping itu, mute juga dapat membantumu untuk membatasi atau menonaktifkan pesan spam dari pengirim anonim.

Fitur Meeting di Gmail

lima fitur gmail

Ilustrasi meeting dengan Google Meet

Google sebenarnya memiliki aplikasi sendiri untuk melakukan video call, yakni Google Meet. Namun, saat ini, Gmail juga sudah dilengkapi dengan fitur tersebut, Sobat Tech. Jadi, gak perlu buka tab baru lagi, deh.

Untuk melakukannya, klik ikon kamera yang berada pada side bar sebelah kiri. Tentukan apakah kamu ingin membuat ‘new meeting’ atau ‘join a meeting’. Selanjutnya, kamu akan dibawa ke situs Google Meet dan sudah bisa berbincang bersama teman-teman.

Hangouts

Ilustrasi menggunakan Hangouts

Tak jauh beda dengan sebelumnya, Hangouts juga memungkinkanmu untuk berkomunikasi dengan sesama kontak email yang kamu punya. Lebih spesifiknya, Sobat Tech bisa melakukan video call, chat, kirim emoticon, telepon hangouts, dan lainnya.

Di samping itu, tampilan dari Hangouts juga sederhana sehingga tidak akan membuatmu kesulitan saat menggunakannya. Kamu juga gak perlu khawatir tentang kebocoran data karena fitur ini sudah dilengkapi dengan encryption end-to-end.


Gmail yang awalnya sebatas komunikasi lewat surel telah memperkenalkan fitur-fitur kece yang semakin mempermudah pekerjaan kita. Dari ke-5 fitur gmail di atas, ada yang pernah kamu coba gak?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments