Stabilizer Kamera Terinspirasi dari Kepala Ayam, Sudah Tau?

Ilustrasi Stabilizer Kamera Terinspirasi dari Kepala Ayam. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Pembuatan konten dan film biasanya membutuhkan sebuah stabilizer kamera untuk mendapatkan hasil video yang stabil tanpa ada goyangan. Namun, tahukah kamu kalau Stabilizer kamera ternyata terinspirasi dari kepala ayam?

Jika kamu suka menonton proses di balik pembuatan film atau behind the scene, kamu akan melihat kameramen yang berlari kencang mengikuti adegan laga pemainnya. Agar kualitas videonya bagus, penggunaan stabilizer kamera sangat esensial di sini.

Nah, siapa sangka alat secanggih dan semahal itu ternyata terinspirasi dari seekor ayam? Bahkan, mobil mewah sekelas Mercedes-Benz saja kestabilannya mengadopsi konsep kepala ayam.

Memangnya, apa yang terjadi dengan kepala ayam? Mari simak pembahasannya di bawah ini. 

Baca juga: Rekomendasi 4 Kamera Webcam Bagus Anti Burik!

Keistimewaan Kepala Ayam yang Stabil

Jika kamu sadar, ayam mampu menstabilkan kepalanya dengan baik walaupun badannya bergoyang ke sana dan ke mari. Tak hanya ayam saja, ternyata kebanyakan burung pun juga memiliki kemampuan yang sama.

Dilansir dari laman Kompas, menurut Barrie J. Frost dalam Bird Head Stabilization (2013) kepala burung memang diciptakan untuk terkunci pada satu titik gravitasi sehingga mampu terpaku di satu tempat. Persendian kepalanya seperti terpisah dengan anggota tubuh lainnya, sehingga kepalanya tidak ikut bergoyang.

Kestabilan ini dihasilkan oleh kerja sistem benama vestibular yang ada pada telinga bagian dalam ayam dan burung. Mereka membutuhkan kestabilan tersebut agar penglihatannya tetap baik saat sedang berjalan,berlari, meloncat, terbang, serta pergerakan lainnya.

Inilah konsep yang diambil untuk merancang stabilizer pada kamera. Leher ayam yang fleksibel menginspirasi perancang agar video yang terekam kamera selalu stabil walaupun dibawa bergerak bahkan hingga berlarian.

Percobaan merekam video dengan kepala ayam sebagai stabilizernya sempat viral dan ramai diperbincangkan netizen. Pembuat konten mencoba mengambil video saat sedang berlari, mengendarai mobil, hingga motor dengan kecepatan tinggi. Mereka terkejut karena ternyata video yang diambil hasilnya stabil tanpa ada goyangan.

Bagi yang ingin melihat videonya, kamu bisa menontonnya melalui YouTube dengan judul “chicken powered steadicam”. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan iklan Mercedes-Benz dengan judul “Chicken: Magic Body Control” yang memperlihatkan betapa stabilnya kepala ayam walaupun badannya digoyangkan.


Itulah informasi mengenai stabilizer kamera yang terinspirasi dari kepala ayam. Memang banyak teknologi canggih buatan manusia yang terinspirasi dari hewan. Namun, fakta yang satu ini sungguh menarik untuk diketahui.

Percobaan pada video-video di atas pun mengundang banyak netizen yang iseng untuk coba melakukannya juga pada ayam peliharaannya. Bagi yang memiliki ayam peliharaan di rumah, kamu juga bisa mencobanya, lho!

Baca juga: Sony A6000, Rekomendasi Kamera Buat Pemula

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments