Ingat, Sifat Yang Wajib Dimiliki Karyawan Startup!

Ilustrasi karyawan startup. (sumber: Pixabay)
Isi Tabel

Ingin bekerja di startup? Tunggu dulu, ternyata ada sifat wajib yang harus kamu miliki ketika ingin bekerja di startup, lho! Dengan kamu memiliki beberapa sifat tersebut, tentu akan berpengaruh baik bagi penyesuaian kamu dalam bekerja di startup. Kira-kira apa saja? Baca artikel berikut ini sampai selesai ya!

Sifat setiap manusia tentu memiliki perbedaan yang signifikan dan tidak bisa disamakan dari satu individu dengan individu lainnya. Hanya ada dua pilihan, kita yang menyesuaikan atau disesuaikan. Namun, dalam pekerjaan tentu sifat dalam diri kita wajib disesuaikan dengan kondisi di kantor.

Ada beberapa sifat yang ternyata diperlukan dalam meningkatkan perusahaan agar dapat berjalan baik. Kemudian, ada juga beberapa sifat yang memang tidak cocok apabila bekerja di startup. Oleh karena itu, tahap pengenalan diri dan menyesuaikan dengan tempat kerja yang diinginkan. Jadi, kamu harus dipikirkan dan dipertimbangkan, apakah sudah sesuai atau sebaliknya.

Lantas sifat dasar apa yang harus dimiliki apabila kita ingin bekerja? Terutama untuk bekerja di startup? Berikut adalah 5 sifat wajib dimiliki ketika menginginkan bekerja di startup!

Baca juga: Yuk, Kepoin Gaji Startup Tersohor di Indonesia

Supel atau mudah bergaul kunci dalam lingkungan startup

C:\Users\ASUS\Downloads\brooke-cagle--uHVRvDr7pg-unsplash.jpg

Ilustrasi karyawan startup

Startup merupakan sebuah perusahaan yang biasanya diisi oleh generasi muda dengan kondisi masih fresh dan memiliki bakat yang luar biasa. Dengan bekerja di perusahaan rintisan tersebut, tentu bakat tersebut akan semakin diasah. Alhasil, dapat menciptakan individu yang memiliki keunggulan masing-masing nantinya.

Memiliki sifat supel atau mudah bergaul merupakan hal yang wajib dimiliki, bagi kamu yang ingin bekerja di startup. Dengan mayoritas anak muda, mengobrol dan membaur tentu merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan. Kondisi desk yang biasanya berbarengan membuat sifat supel ini harus dimiliki agar bisa menyesuaikan situasi kerja di startup.

Dengan memiliki sifat satu ini, tentu kamu akan lebih mudah untuk mengerjakan beberapa tanggung jawab yang diberikan. Walaupun memang, mudah bergaul tidak hanya untuk yang bekerja di startup saja. Akan tetapi, di perusahaan-perusahaan besar lainnya hal ini sangat dibutuhkan. Untuk di startup sifat ini merupakan kewajiban agar kerekatan masing-masing anggota semakin kuat.

Karyawan startup kreatif

Sifat kreatif memang bukan bakat alami yang dimiliki seseorang, tetapi bisa diraih dengan seringnya mengasah dan menambah referensi. Bagi yang ingin bekerja di startup, kamu dituntut sifat tersebut agar bisa memberikan ide-ide segar. Hal ini ditujukan agar ide project perusahaan dapat berbeda dengan kompetitor.

Ide kreatif merupakan hal yang wajib dimiliki untuk masing-masing karyawan. Tujuannya, agar brainstorming menjadi lebih hidup dan solusi permasalahan bisa terpecahkan. Apabila kamu merasa bukan orang yang kreatif, coba deh untuk sekarang lebih banyak untuk menambah referensi. Jadi, sifat kreatif kamu akan semakin terasah.

Membantu kepada semua

Suka membantu orang lain dan ikhlas merupakan sifat yang paling dicari dalam lingkungan pekerjaan baru. Mulai dari menjadi mentor yang baik hingga dapat memberikan pemecahan masalah dari pekerjaan lainnya. Tentunya, sangat dibutuhkan bagi lingkungan startup yang sering berubah-ubah jobdesc karyawan.

Dengan memiliki sifat tersebut, tentu apabila mendapatkan jobdesc di luar kemampuan, kamu akan dibantu juga oleh orang lain. Oleh karena itu, dalam startup sifat saling membantu dengan ikhlas sangat diperlukan.

Karyawan startup bersifat optimis

Sifat yang harus dimiliki dalam bekerja di startup adalah optimis. Bayangkan saja apabila kamu berada di situasi perusahaan rintisan, tetapi didominasi dengan orang-orang pesimis? Melihat kompetitor jauh lebih baik, sudah tidak percaya diri. Tentu hal tersebut akan mengganggu tumbuh kembangnya perusahaan tersebut.

Dengan adanya sifat optimis, proses tujuan yang sudah dikerjakan dapat dijalankan dengan maksimal tanpa ragu ada kegagalan. Setidaknya kalau gagal, sudah berusaha dengan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, setiap staf perusahaan rintisan tersebut harus memiliki sifat optimis.

Hormat kepada masing-masing staf dan pimpinan

Bekerja di startup memang memiliki keunggulan, seperti semua dianggap sama dan tidak ada senior yang lebih dominan. Dengan kondisi tersebut, bukan berarti menghilangkan rasa hormat kepada yang senior atau jauh lebih ahli. Buat yang ingin bekerja di perusahaan rintisan itu, kamu harus memiliki sifat hormat kepada siapapun.

Dengan menghormati segala arahan maupun masukan yang disampaikan, tentu pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih baik. Selain itu, sikap tersebut akan membuat kita juga dihormati. Oleh karena itu, sifat saling menghormati sangat penting dalam lingkungan kerja, terutama di perusahaan rintisan.


Itu dia 5 sifat wajib dimiliki ketika menginginkan bekerja di startup. Bagi yang sudah memiliki lima poin tersebut, itu sudah bisa menjadi keunggulan yang baik buat kamu. Tetapi, bagi yang belum jangan khawatir karena sifat bisa diubah. Meski butuh proses, tetapi yakinkan dalam hati bahwa bisa menyesuaikan diri saat bekerja. Sebab, nantinya sifat itu akan menyesuaikan dengan sendirinya. Selamat mencobanya semoga berhasil!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments