HP Cepat Panas? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ilustrasi penyebab HP cepat panas. (Sumber: iStock)
Isi Tabel

Pasti kamu tak jarang mendapati HP milikmu cepat panas dan bertanya-tanya mengapa hal tersebut terjadi. Jika sudah seperti itu, siapa pun akan khawatir dan takut ponselnya mengalami kerusakan.

Pasalnya, HP merupakan barang berharga dan penting pada era serba digital ini.  Apalagi, ponsel kini tak hanya berfungsi sebagai perangkat komunikasi untuk bertelepon dan melakukan chat saja. Kegiatan sehari-hari, mulai yang berurusan dengan pekerjaan, belajar hingga hiburan, semua bisa dan biasa dilakukan di smartphone.

Oleh karena itu, jangan biarkan ponselmu panas tanpa mencari solusi. Kamu perlu mengetahui penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya yang telah AwanApps rangkum berikut ini!

Baca juga: Baterai HP Cepat Habis? Simak Penyebabnya Berikut Ini!

Penyebab HP Cepat Panas

Jika kamu merasa ponselmu mudah panas, ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Biasanya, sumber permasalahan HP yang cepat panas berasal dari Central Processing Unit (CPU) dan Graphic Processing Unit (GPU) yang terlalu bekerja keras.

Selain itu, ada kemungkinan HP milikmu diserang oleh virus yang menyerang sistem sehingga membuatnya mudah panas. Namun, tak hanya faktor internal yang menyebabkan masalah ini terjadi.

Bisa saja kamu tak sadar membiarkan ponselmu berada di dekat sumber panas. Maka dari itu, perhatikan kembali cara kamu memelihara telepon genggam dengan benar. Kurangi pula kebiasaan buruk yang membuat ponselmu cepat rusak.

Berikut adalah kebiasan buruk yang perlu kamu hindari agar HP tidak cepat panas.

Terlalu banyak bermain game

Menggunakan ponsel untuk bermain game secara terus-menerus akan membuatnya cepat panas. Dengan demikian, CPU dan GPU pada ponsel juga ikut bekerja keras jika dipakai tanpa jeda.

Terlalu lama menonton video

Para penggemar streaming, waspadalah! Menonton video dengan waktu yang terlalu lama juga menjadi faktor mengapa handphone jadi cepat panas. Lagi-lagi, ini diakibatkan karena CPU dan GPU bekerja terlalu keras.

Banyak aplikasi yang belum ditutup

Tanpa disadari, kamu pasti banyak membuka aplikasi di ponsel namun lupa untuk menutupnya kembali. Hal ini juga menyebabkan CPU dan GPU tetap bekerja sehingga menyebabkan ponsel jadi panas.

Pasang wallpaper bergerak

Memasang wallpaper dengan animasi bergerak juga membuat ponsel mudah panas. Sama halnya dengan meningkatkan kecerahan layar, memperbesar volume, serta Bluetooth dan GPS yang masih aktif.

Selain membuatnya cepat panas, kebiasaan di atas juga akan menguras baterai ponselmu. Jadi, perlu diperhatikan kembali hal-hal yang membuat HP tetap dalam kondisi sehat.

Cara mencegah HP agar tidak cepat panas

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, kamu perlu mengikuti cara mencegah HP agar tidak cepat panas berikut ini:

  • Menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan
  • Kurangi penggunaan ponsel yang terlalu lama
  • Unisntall aplikasi yang tidak dibutuhkan
  • Tidak menaruh ponsel sembarangan
  • Jangan pasang Wallpaper bergerak


Itulah penyebab HP cepat panas beserta cara mencegahnya. Sebenarnya, kebiasaan-kebiasaan tersebut mudah untuk dihindari. Dengan mengikuti saran di atas, diharapkan ponselmu akan terhindar dari kerusakan. Semoga membantu!

Baca juga: Bahaya Penggunaan Charger Tidak Ori pada Kondisi HP!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments