Baterai HP Cepat Habis? Simak Penyebabnya Berikut Ini!

Ilustrasi baterai HP cepat habis. (Sumber: iStock)
Isi Tabel

Baterai HP kamu cepat habis padahal beberapa saat lalu baru saja selesai di-charge? Peristiwa ini pasti sering dikeluhkan para pengguna ponsel, baik Android maupun iOs. Tentu saja, ini sangat merepotkan karena pengisian daya pun harus dilakukan lebih dari dua kali sehari.

Untuk menunjang aktivitas harian, idealnya baterai ponselmu harus mencapai kapasitas 100%. Namun, kebiasaan mengisi daya baterai lebih dari dua kali dalam sehari sejatinya bukanlah hal normal. Jika hal tersebut terjadi, jangan heran kalau itu merupakan indikasi baterai HP yang bermasalah. 

Akan tetapi, ada beberapa faktor lain yang berpengaruh terhadap ketahanan baterai HP-mu. Apa sajakah itu? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Baca juga: 3 Tips Merapikan Salinan Teks dari PDF ke Microsoft Word

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Tanpa disadari, ternyata tingkat kecerahan ponsel pengguna terlalu tinggi merupakan sumber utama penyebab baterai HP cepat habis. Saat berada di ruangan terbuka, kamu memang perlu menaikkan tingkat kecerahan layar ponsel agar layar tetap terlihat.

Sayangnya, seringkali kamu lupa untuk menurunkannya kembali. Padahal, hal ini penting untuk menjaga kapasitas baterai. Untuk itu, sebaiknya aktifkan pengaturan tingkat kecerahan otomatis di ponselmu.

Dengan begitu, tingkat kecerahan layar ponselmu akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitarmu. Nantinya, tingkat kecerahan layar akan otomatis berubah tanpa harus repot mengubahnya secara manual.

Menggunakan Mode Getar Terlalu Sering Membuat Baterai HP Boros

Ternyata, mengaktifkan mode getar pada ponsel juga merupakan salah satu penyebab baterai HP cepat habis. Ditambah, notifikasi terus membanjiri ponselmu. Ini membuat konsumsi baterai HP jadi lebih banyak.

Jika kondisinya seperti itu, ubah mode getar menjadi mode senyap adalah langkah yang tepat untuk menghemat baterai. Dengan begitu, ponsel akan lebih irit baterai jika fitur getar tidak diaktifkan. Kamu juga bisa gunakan jenis notifikasi bunyi serta mengatur jenis notifikasi penting apa saja yang membutuhkan mode vibrate.

Banyak Aplikasi yang Tidak Penting

Kamu tentu memiliki banyak aplikasi yang terpasang di ponsel untuk menunjang aktivitas harian. Namun, perhatikan pula daftar aplikasi yang sudah jarang atau bahkan tidak terpakai lagi.

Biasanya, aplikasi mengonsumsi baterai yang cukup banyak. Sebaiknya, lakukanlah detoks aplikasi agar ponselmu tidak terlalu bekerja terlalu berat. Kamu bisa menonaktifkan atau bahkan menghapusnya agar baterai tidak boros.

Aplikasi yang Sedang Berjalan Tidak Ditutup

Selain itu, jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan secara berkala. Jika tidak, baterai HP akan boros meskipun dalam keadaan terkunci. Aplikasi yang masih berjalan akan memakan banyak baterai karena ponsel akan terus bekerja.

Oleh karena itu, jika dirasa kamu sudah banyak membuka terlalu banyak aplikasi sebaiknya tutup semuanya setelah itu. Ini adalah cara yang bisa dicoba agar baterai HP tidak cepat habis.

Memakai Wallpaper yang Bergerak Membuat Baterai HP Cepat Habis

Pakai wallpaper bergerak (live wallpaper) memang membuat ponselmu menjadi unik dan tidak monoton saat memandang layar. Namun, dengan begitu malah membuat baterai HP jadi boros. Jika tidak ingin boros, pakailah gambar biasa yang tidak bergerak untuk dijadikan wallpaper ponselmu.


Itulah beberapa faktor penyebab baterai HP cepat habis. Sebelum membawanya ke tempat sevice, cara di atas bisa kamu coba untuk meminimalisir pemborosan baterai ponselmu, lho! Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Amankan Akun Instagram dari Bobolan Hacker

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments