Google Chrome Diretas, Pengguna Diminta Segera Update!

Ilustrasi Google Chrome diretas. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Beberapa waktu lalu Google Chrome di perangkat Windows dan Android dikabarkan tengah diretas oleh hacker. Sebab itu, para pengguna diminta segera memperbarui browser Google Chrome. Hal ini dilakukan untuk mencegah peretasan ‘zero-day’.

Dikutip dari laman Kaspersky, zero-day merujuk pada istilah kerentanan keamanan yang dapat digunakan oleh peretas untuk menyerang sistem. Oleh karena itu, kejadian Chrome yang diretas ini membuat Google memperbarui sistem keamanan di browser tersebut.

Update yang disebut zero-day ini melibatkan buffer overflow di WebRTC, standar komunikasi real-time yang didukung di semua browser utama yang digunakan untuk membangun aplikasi komunikasi audio dan video di situs web.

Google belum memberikan informasi secara rinci tentang bug sampai sebagian besar penggunanya harus menginstal patch keamanan. Situasi seperti ini diklasifikasikan sebagai tingkat keparahan ‘tinggi’, sebab sangat memungkinkan situs web jahat mengambil kendali PC pengguna.

Untuk mengatasi masalah ini, Google melakukan perbaikan dalam bentuk pembaruan. Google Chrome versi 103.0.5060.114 untuk Windows dan Chrome 103.0.5060.71 di Android yang telah dirilis pada 4 Juli 2022.

Google Chrome akan menginstal pembaruan secara otomatis. Untuk pembaruan ini, mungkin memerlukan waktu hingga 24 jam dalam menginstalnya. Selain itu, Chrome tidak akan otomatis memulai ulang setelah menginstal pembaruan.

Daripada menunggu proses instal otomatis, sebaiknya kamu menginstalnya sendiri. Sebab, kamu tidak disarankan menggunakan browser sebelum menginstal pembaruan. Untuk memastikan keamanan browser, kamu perlu pastikan Google Chrome memiliki versi nomor 103.0.5060.114 setelah diunduh ulang.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Google Chrome Lemot!

Cara Update Google Chrome di Windows

  1. Pertama, kamu klik tombol menu di sudut kanan atas jendela browser Google Chrome terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, kamu perlu pilih Bantuan > Tentang Google Chrome. Untuk perangkat Android, kamu perlu memperbarui Google Chrome dari Play Store.
  3. Kemudian, Google Chrome akan secara otomatis menemukan dan menginstal pembaruan (jika belum diinstal). Setelah itu, kamu akan melihat indikator kemajuan. 
  4. Ketika Google Chrome selesai menginstal pembaruan, kamu klik tombol “Luncurkan Kembali”.


Dengan pemberitahuan ini, sebaiknya kamu kembali mengecek versi Google Chrome pada perangkat Windows atau Android yang dimiliki. Jika belum memperbarui versinya, yuk langsung praktikan cara update Google Chrome di atas!  

Baca juga: 5 SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments