Dampak Pandemi Covid Terhadap E-commerce

Isi Tabel

Seperti yang kita ketahui, dampak covid ini membawa banyak sekali perubahan yang ada khususnya terhadap e-commerce. Hal ini termasuk dengan banyaknya peraturan baru terkait dengan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran covid 19.

Salah satu programnya adalah WFH (Work From Home) atau bekerja dirumah. Masyarakat dituntut untuk terus berada dirumah sambil menyelesaikan semua pekerjaan yang biasa dilakukan diluar rumah. Kegiatan yang sering dilakukan sekarang adalah belanja di online shop.

E-commerce merupakan platform yang menyediakan berbagai online shop. Hampir semua barang tersedia di e-commerce. Perkembangan layanan ini pun lebih meningkat selama pandemic. Adapun alasannya, diantaranya :

Dampak Covid Terhadap E-commerce, Program WFH

Salah satu program pemerintah dalam menangani dampak Covid adalah pemberlakuan WFH (Work From Home). Kebijakan ini dibuat agar masyarakat bekerja dan bersosialisasi dirumah.

Program ini dibuat karena untuk menanggulangi  penyebaran virus yang dapat menular ini. Alhasil, banyak pekerja dan karyawan khususnya kantoran bekerja lewat media online dirumah.

Dengan anjuran untuk terus berada di rumah, memnjadikan banyak orang melakukan aktivitasnya melalui online. Salah satunya adalah berbelanja online.

Maka dari itu, program WFH membuat masyarakat lebih memilih untuk membeli secara online. Dibanding dengan harus pergi ke Mall atau pasar yang notabenenya banyak sekali orang.

Baca Juga: 9 Fitur Wajib Ada di E-commerce, Supaya Terlihat Profesional

Banyak start-up e-commerce muncul

Dampak covid terhadap entrepreneur menjadikan banyak sekali kemunculan start up e-commerce. Start up yang diluncurkan pun lebih kreatif dan dalam umumnya pun lebih lengkap dibanding dengan toko-toko di pasar.

Sudah banyak start up asal Indonesia yang berkembang dengan berbagai sektor. Mulai dari makanan, jasa seperti Gojek, medis seperti Halodoc, dan masih banyak lagi start up atau perusahaan digital asal Indonesia.

Pembayaran e-money

Selain banyaknya start up yang muncul, dampak covid terhadap e-commerce menjadikan banyak perusahaan yang membuat metode pembayaran bersifat online. Pembayaran non tunai juga sangat bermanfaat apalagi saat pandemi seperti ini.

Sudah banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi atau fitur pembayaran online. Seperti GOPAY, DANA, EBCA, EBNI, dan masih banyak lagi. Selain membayar kita juga bisa menabung dibeberapa aplikasi tersebut.

Baca Juga : Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Itulah tadi 3 dampak covid terhadap e-commerce. Di Indonesia sendiri, pembelian secara online sudah sering kita lakukan atau hampir menjadi suatu kebiasaan yang sulit kita lepaskan.

Selain lebih praktis, kamu tidak perlu repot lagi untuk keluar rumah di waktu pandemi seperti ini.E-commerce di Indonesia juga disambut sangat baik karena telah menjadi solusi dari permasalahan pada pandemi saat ini.

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments