Mau Cek IMEI iPhone? Simak Caranya Berikut Ini!

Ilustrasi cek IMEI iPhone. (Sumber: Eraspace)
Isi Tabel

Pembahasan tentang International Mobile Equipment Identity (IMEI) tengah ramai menjadi sorotan publik. Pasalnya, ada beberapa perangkat yang ternyata IMEI-nya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin). 

Dilansir dari laman Kompas, IMEI merupakan nomor identitas yang dicantumkan pada perangkat ponsel. Setelah nomor IMEI didaftarkan, pengguna perangkat bisa langsung terhubung dengan layanan operator seluler yang beroperasi di Indonesia.  

Untuk IMEI iPhone dan iPad, umumnya tertera pada bagian punggung perangkat. Selain bisa dilihat secara fisik di bodi perangkat, kamu juga dapat mengecek IMEI iPhone dan iPad dengan cara lain. 

Salah satu cara yang paling mudah untuk cek IMEI melalui menu USSD. Kamu cukup menekan angka *#06# keypad telepon, lalu akan muncul nomor IMEI yang terdapat di ponselmu. 

Untuk lebih jelasnya, AwanApps telah merangkum beberapa cara cek IMEI yang dapat kamu lakukan. 

Baca juga: SeekMax, Platform Belajar Milik Jobstreet untuk Pertajam Skill

Cek IMEI Melalui Settings

Selain membuka bodi perangkat, kamu juga bisa mengecek IMEI ponselmu melalui menu settings. Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu buka terlebih dahulu menu Pengaturan atau Settings.
  2. Kedua, gulir ke bawah hingga menemukan menu Umum atau General dan klik menu tersebut. 
  3. Setelah menu General diklik, kamu dapat memilih menu Mengenai atau About.

Di menu About, kamu akan menjumpai berbagai informasi seputar ponsel mencakup nama perangkat, versi perangkat lunak yang digunakan, mode perangkat, nomor model, serta nomor seri IMEI ponsel.

Mengecek Nomor dari PC 

  1. Pertama, kamu buka situs resmi Apple ID melalui browser PC-mu. Setelah itu, klik menu ‘Masuk’ dan masukkan Apple ID yang digunakan pada perangkat iPhone kamu.
  2. Selanjutnya, gulir ke bawah dan klik bagian ‘Perangkat’. Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, kamu bisa pilih opsi ‘Perangkat’.
  3. Apabila kamu memiliki perangkat lain dengan iOS 13 atau versi lebih baru, silakan buka menu ‘Pengaturan’ > [Nama Anda].
  4. Setelah itu, gulir ke bagian bawah untuk melihat perangkat yang masuk dengan ID Apple kamu. Untuk melihat nomor seri dan IMEI, ketuk nama perangkat kamu.


Di Indonesia sendiri, cek nomor IMEI dapat digunakan untuk mengetahui apakah iPhone atau iPad yang didistribusikan melalui jalur legal atau ilegal. Bila nomor IMEI iPhone atau iPad tidak terdaftar di Kemenperin, maka bisa dipastikan perangkatmu adalah barang ilegal. iPhone atau iPad ilegal kemungkinan besar akan mengalami pemblokiran jaringan seluler.

Setelah mengetahui nomor IMEI pada iPhone atau iPad, sebaiknya langsung cek status perangkatmu dengan mencantumkan IMEI di website berikut. Yuk, cek sekarang!

Baca juga: Akun Instagram Kena Hack, Simak Cara Mengembalikannya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments