Film Pendek dan Web Series Jadi Media Promosi Startup

Promosi Unik dengan film pendek dan web series. (sumber: Pexels)
Isi Tabel

Seiring perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan selalu mengembangkan media promosi menjadi lebih baik dan menarik. Termasuk dalam hal ini adalah perusahaan startup yang saat ini sering mempromosikan bisnisnya melalui film pendek dan web series.

Meskipun harus mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk promosi tersebut, perusahaan startup tak pernah ragu untuk melakukannya. Selain menghibur masyarakat, cara promosi seperti ini pun akan mengundang banyak apresiasi. Tentunya, akan lebih banyak orang yang mengenal startup tersebut. 

Promosi unik dengan film pendek dan web series ini biasanya ditujukan untuk generasi pemuda yang sering menonton YouTube. Oleh karena itu, film pendek dan web series tersebut diunggah langsung oleh startup melalui kanal YouTube resminya.

Di bawah ini, penulis telah mengumpulkan beberapa judul film pendek dan web series yang diproduksi oleh beberapa perusahaan startup.

Baca juga: Yuk, Tambah Ilmu Lewat 4 Film Bertemakan Startup!

Arief Muhammad x Traveloka – Ekspedisi Menebus Janji (Web Series)

Web series berjudul Ekspedisi Menebus Janji

“Ekspedisi Menebus Janji” merupakan web series yang diproduksi dari kolaborasi Arief Muhammad dengan Traveloka. Web series ini mengisahkan tentang seorang vlogger sukses bernama Arief. Setelah kesuksesan yang telah diraihnya, ia belum pernah berhasil menyantap bakso. 

Ternyata setelah dia sadari, penyebabnya tidak bisa menikmati bakso adalah karena kejadian 5 tahun yang lalu. Kejadian itu terjadi di Yogyakarta, pada saat ia hendak menyantap bakso Pak Mamat. Ia teralihkan fokusnya karena kedatangan seorang wanita cantik. Alhasil, Arief malah mengikuti wanita tersebut dan lupa membayar baksonya.

Arief pun memutuskan untuk pergi ke Yogyakarta. Ia ingin melunaskan hutangnya kepada Pak Mamat. Akan tetapi, untuk menemukan Pak Mamat pun tidak semudah yang ia kira. Pria tersebut harus menghadapi berbagai rintangan untuk membayar semangkuk bakso tersebut.

Selama perjalanannya, Arief menggunakan layanan dari Traveloka, seperti membeli tiket kereta, pesawat, hotel, paket internet, dan lain-lain. Web series ini diunggah pada tahun 2017 dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan. Jumlah web series ini sebanyak enam episode dan bisa ditonton langsung di sini.

“Ekspedisi Menebus Janji” ini lebih banyak disampaikan dalam bentuk narasi dari tokoh Arief dan tidak terlalu banyak dialog. Meskipun begitu, film pendek ini tetap bisa dinikmati dan banyak unsur komedinya.

Ibu Pertiwi: Sebuah Film Pendek – Gojek x Cinema XXI x Traveloka x Tokopedia

Cuplikan salah satu film pendek berjudul Ibu Pertiwi

Film pendek berjudul “Ibu Pertiwi” ini merupakan hasil kolaborasi dari Gojek, Cinema XXI, Traveloka, dan Tokopedia. Film ini bercerita tentang seorang remaja bernama Nanda, ia berjuang mencari keluarganya yang telah lama hilang sejak tsunami Aceh tahun 2004.

Sejak kejadian tsunami tersebut, Nanda tinggal di sebuah panti asuhan di Kota Jakarta. Dengan susah payah, orang-orang di sekeliling Nanda membantunya untuk bisa bertemu keluarganya ke Aceh.

Akan tetapi, Nanda akhirnya menyadari bahwa ia sebenarnya sudah ada keluarga. Lewat film pendek ini, ia tahu keluarga tersebut adalah keluarga di Jakarta yang sama-sama lahir di negara Indonesia.

Film Pendek Tokopedia – Berbeda Bersama

film pendek

Cuplikan film pendek dari Tokopedia

Sama seperti “Ekspedisi Menebus Janji”, film pendek dari Tokopedia ini juga dibuat dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan tahun 2018. “Berbeda Bersama” mengisahkan tentang keseharian seorang wanita yang merantau ke suatu kota di luar kampung halamannya. Setiap hari di bulan Ramadhan, dia menjalani aktivitasnya seorang diri, tanpa teman dan keluarga. Ia hanya bisa melepas rindu dengan menelepon ibunya. 

Film pendek ini diiringi narasi yang menjelaskan tentang kehidupan sederhana gadis tersebut. Selain beraktivitas seperti biasanya, dia juga selalu berkhayal tentang apa pun yang dilihatnya. Gadis itu juga kerap berkhayal tentang tetangganya yang sama sekali belum pernah ia temui.

Hingga akhirnya, dia memutuskan untuk bertemu dengan tetangganya dengan mengundang mereka berbuka puasa bersama di rumahnya. Sesuai dengan judulnya, film pendek ini menyuguhkan indahnya kebersamaan meski berada di tengah-tengah perbedaan.

Jodoh Itu Dekat – Grab Indonesia

Cuplikan web series Jodoh Itu Dekat sebagai media promosi

“Jodoh Itu Dekat” merupakan sebuah web series dari Grab yang bergenre komedi. Mengisahkan tentang Bobi yang berusaha mendapatkan cinta Karin, teman satu kosannya. Web series ini bisa kamu tonton langsung melalui kanal YouTube resmi Grab Indonesia.

Selain itu, web series ini hanya memiliki sebanyak tiga episode saja. Web series ini berhasil mengundang tawa penontonnya dengan tingkah Bobi yang konyol dan perjuangannya yang sulit untuk mendapat Karin. Setiap aktor yang ada di sini dapat memainkan perannya dengan baik.


Meskipun, hanya digunakan sebagai media promosi. Namun, film pendek dan web series yang diproduksi oleh startup tersebut berhasil menyuguhkan hiburan yang segar. Apakah kamu tertarik untuk menontonnya?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments