Yuk, Tambah Ilmu Lewat 4 Film Bertemakan Startup!

Ilustrasi nonton film bertemakan startup. (sumber: Pixabay)
Isi Tabel

Siapa nih yang suka nonton film bertema startup? Semenjak drama Korea berjudul Start Up booming di Indonesia, minat masyarakat terhadap film dengan tema tersebut pun semakin tinggi. Hal itu pun sejalan dengan maraknya startup di Indonesia.

Menurut The Global Startup Ecosystem Report tahun 2020, Indonesia merupakan negaran yang pas untuk mendirikan dan mengembangkan startup. Hal tersebut dilihat dari prestasi yang dicapai oleh perusahaan rintisan asal Indonesia.

Ternyata, prestasinya enggak main-main loh karena meraih gelar unicorn. Sebanyak 5 perusahaan startup asal Indonesia menyandang gelar tersebut dari total 12 startup di Asia Tenggara. Wah kita patut bangga loh…

Booming-nya perusahaan rintisan tersebut di seluruh dunia mengakibatkan bermunculan film bertema startup. Cerita yang dibawakan juga berbeda-beda, seperti perjalanan merintis bisnis, sejarah startup terkenal, hingga pengalaman bekerja di tempat tersebut.

Lewat film-film tersebut, kamu juga bisa belajar perihal perkembangan dan cara kerja di suatu startup. Jadi tidak hanya sekadar menghibur, tetapi ada banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Penasaran kan apa aja filmnya? Yuk, simak 4 film bertemakan startup!

Baca juga: Banyak Ecommerce Tunjuk Artis Korea Jadi Brand Ambassador

The Social Network

Kalian pasti nggak asing kan dengan Facebook? Ya, sebuah aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan berteman dengan lebih banyak orang. Kira-kira, penasaran nggak sih bagaimana awal mula terciptanya? Bagi kamu yang kepo dengan hal tersebut, wajib banget nonton film satu ini!

The Social Network diadaptasi dari sebuah buku yang berjudul The Accidental Billionaires. Film yang rilis tahun 2010 ini disutradarai oleh David Fincher dan naskahnya ditulis oleh Aaron Sorkin. Lalu, tokoh Mark Zuckerberg diperankan oleh Jesse Eisenberg.

Film The Social Network

Tayangan ini menceritakan tentang perjalanan Mark Zuckerberg dalam mendirikan Facebook. Mulai dari bagaimana ide itu bisa muncul, konflik yang dialami, hingga suka-duka mendirikan aplikasi tersebut. Bahkan, dalam cerita ini Mark Zuckerberg dituduh mencuri ide dari temannya.

Lewat The Social Network, kalian bisa melihat dengan jelas betapa jeniusnya mahasiswa Harvard tersebut dengan sejuta inovasinya. Semakin penasaran dengan film ini? Yuk, segera tonton sekarang!

Crocodile in The Yangtze

Siapa sih yang nggak tahu Alibaba? Perusahaan tersebut merupakan startup terbesar di dunia loh. Kesuksesannya pun membuat orang-orang penasaran dengan cerita berdirinya startup yang satu ini. Nah, cerita itu pun diangkat lewat film berjudul Crocodile in The Yangtze pada tahun 2012.

Ternyata, pemilihan judulnya mempunyai filosofi yang menggambarkan prinsip seorang Jack Ma. Prinsipnya ialah jika tidak bisa menjadi Hiu di samudra, setidaknya bisa menjadi buaya di sungai Yangtze. Melalui prinsip itu, kita bisa lihat semangatnya dalam membuat bangga negara.

Crocodile in The Yangtze menceritakan awal mula Jack Ma, selaku founder dalam perjalanan mendirikan Alibaba. Awalnya, pria yang berasal dari Cina itu sedang mencari informasi tentang negaranya di Internet. Namun, pria yang sedang berada di Amerika melihat informasi tentang negaranya tidak cukup banyak.

Alhasil, dia pun bertekad untuk membuat negaranya lebih dikenal oleh negara lain. Dengan film ini kamu akan melihat bagaimana orang Asia nggak kalah dari orang Amerika dan Eropa. Jadi, film ini wajib banget ditonton biar tahu cara apa yang digunakan Jack Ma!

The Internship

Penasaran nggak sih gimana serunya magang di sebuah perusahaan startteknologi terbesar di dunia? Nah, film The Internship ini bisa menjawab rasa penasaranmu nih!

The Internship menceritakan tentang dua orang yang sedang magang di Google. Uniknya, dua orang ini bukan merupakan mahasiswa yang masih muda loh. Mereka adalah orang dewasa yang pengangguran karena perusahaannya bangkrut.

Film The Internship

Lewat film tersebut, kamu akan tahu bagaimana proses pendaftaran, seleksi, dan suka-dukanya magang di perusahaan raksasa Google. Meskipun bercerita tentang magang, tetapi film ini nggak melulu soal serius. Masih ada unsur komedi yang akan bikin kamu terhibur pastinya.

Jadi gimana tambah penasaran? Yuk, segera tonton The Internship!

Upstarts

Film ini berasal dari produksi India yang disutradarai oleh Udai Singh Pawar. Sesuai dengan judulnya, film tahun 2019 ini menceritakan tentang perjuangan 3 orang sahabat. Mereka baru saja lulus kuliah dan mendirikan perusahaan startup yang mulai dari nol.

Kecintaan terhadap dunia startup pun, ternyata juga tidak menjamin perjalanan perusahaan mereka berjalan dengan lancar. Banyak sekali lika-liku yang harus dihadapi, terutama ketika persahabatan juga diuji. Lantas apa yang akan mereka pilih? Persahabatan mereka atau mimpi mereka? 

Penasaran dengan jawabannya? Yuk, langsung saja tonton Upstarts dan temukan jawaban jalan yang mereka pilih!


Wah film bertema startup di atas sangat menarik ya! Jadi kamu bisa menonton sebagai hiburan, sekaligus bisa menambah ilmu tentang dunia startup lho.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments