Tips Amankan Akun Instagram dari Bobolan Hacker

Ilustrasi tips amankan akun Instagram. (Sumber: iNews)
Isi Tabel

Sadar atau tidak, informasi pribadi pengguna Instagram yang tersimpan bisa saja diretas. Oleh karena itu, sebaiknya segera ikuti tips untuk amankan akun dari bobolan hacker. Jika tidak, banyak kerugian yang akan dialami jika hal tersebut terjadi.

Bisa saja informasi pribadimu yang diretas dijadikan identitas palsu untuk membuat KTP bodong. Yang lebih mengerikan lagi, ada kemungkinan para oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan data tersebut untuk daftar pinjaman online di berbagai platform.

Tentu saja, siapapun tidak ingin hal ini terjadi. Untuk itu, ada beberapa tips untuk amankan akun Instagram pengguna dari bobolan hacker. Berikut adalah pembahasannya.

Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Layar Penuh Layaknya TikTok

Tingkatkan Kerumitan Password Instagram

Poin pertama merupakan faktor umum yang sering mengakibatkan akun Instagram dibobol hacker. Walaupun mudah diingat, janganlah gunakan tanggal lahir untuk dijadikan password. Penggunaan nama hewan dan alamat rumah pun, sebaiknya dihindari agar tidak mudah ditebak oleh peretas.

Cobalah untuk pikirkan satu kata apapun yang mudah diingat, kemudian kombinasikan huruf dengan angka dan karakter spesial. Dengan begitu, kemungkinan besar hacker sulit untuk menebak password yang digunakan karena tingkat kesulitannya tinggi.

Aktifkan Otentikasi Dua Langkah

Mengaktifkan otentikasi dua langkah adalah tips ini ampuh untuk amankan akun Instagram dari bobolan hacker. Dengan begitu, Instagram akan mengirimkan kode login secara otomatis khusus ke ponsel pengguna. Jadi, pengguna akan tahu ada orang tidak dikenal mencoba untuk mengakses akun Instagram-nya.

Instagram menyebut langkah ini sebagai fitur otentikasi dua faktor (2FA). Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah aplikasi Instagram, lalu pergi ke laman profil dengan klik ikon yang ada di kanan bawah layar.
  2. Jika sudah, pilih ikon tiga garis horizontal di kanan atas. Klik menu Settings.
  3. Lalu, pilih menu Security > Two-factor authentication > dan tekan tombol “Get Started”.
  4. Silakan pilih metode 2FA, di antaranya melalui aplikasi Instagram, WhatsApp, dan SMS.
  5. Jika pilih opsi SMS atau WhatsApp, enam digit kode akan dikirimkan sesuai melalui platform pilihanmu. Nantinya, kode tersebut bisa digunakan untuk memulihkan akun jika suatu saat kamu lupa kata sandi.
  6. Jika pilih opsi Instagram, diperlukannya aplikasi tambahan yang akan terunduh secara otomatis.

Validasi Email

Dengan validasi email pengguna untuk akun Instagram, pengguna bisa memastikan apakah email yang diterima merupakan pesan resmi dari Tim Instagram. Hal ini dimaksudkan agar pengguna waspada terhadap segala modus yang dilakukan melalui email palsu mengatasnamakan Instagram.

Perusahaan media sosial tersohor ini pun juga menghimbau agar para pengguna berhati-hati, jika ada email yang mengirimkan tautan (link). Jangan sembarang klik tautan tersebut, karena kemungkinan itu merupakan akses hacker untuk membobol akun pengguna.


Demikianlah tips amankan akun Instagram dari bobolan hacker. Beberapa poin diatas sangat penting dilakukan agar data pribadimu tetap aman. Untuk itu, waspadalah terhadap segala bentuk tindak kejahatan siber yang kini kian merajalela.

Baca juga: Cara Ubah Background Warna DM Instagram di Ponsel

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments