5 Aplikasi Mind Map Gratis, Brainstorming Jadi Mudah!

Ilsutrasi aplikasi mind map gratis. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Saat melakukan brainstorming, biasanya ada banyak ide yang bermunculan di kepala. Agar semua ide tersebut dapat tervisualisasikan dengan baik, sepertinya kamu memerlukan bantuan aplikasi Mind Map yang dapat digunakan secara gratis.

Mind Map sendiri merupakan alat yang membantu untuk menyusun informasi agar dapat menghasilkan ide baru secara visual dengan lebih baik. Berbeda dengan catatan biasa,  informasi yang dilakukan pada proses mind map disampaikan dengan ilustrasi. 

Melalui visual dan gambar, orang-orang akan lebih memahami ide yang disampaikan. Dengan demikian, semua fungsi kognitif otak akan bekerja sehingga kreativitas akan terasah.

Mungkin ada sebagian orang yang masih menuangkan idenya lewat catatan dengan menggunakan spidol berwarna. Agar lebih praktis dan hemat kertas, gunakanlah aplikasi mind map gratis berikut yang bahkan bisa diakses melalui hp! Simak daftarnya di bawah inI!

Baca juga: 3 Aplikasi Book Tracking, Buat Membaca Jadi Lebih Asyik

Aplikasi Mind Map – Coggle

Coggle adalah aplikasi mind map gratis berbasis web. Kamu bisa mengaksesnya menggunakan browser apapun yang biasanya kamu pakai sehari-hari. 

Tampilannya cukup user friendly sehingga pengguna baru dapat memahami cara menggunakannya dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa membuat mind mapping versi kamu dengan memanfaatkan beragam fitur yang tersedia.

Selain itu, Coggle mendukung kolaborasi dengan orang lain secara real time. Jadi, anggota tim lainnya dapat bergabung di halaman yang sama sehingga dapat berdiskusi di manapun mereka berada.

Ayoa

Aplikasi mind map selanjutnya adalah Ayoa. Kamu bisa mengakses aplikasi ini melalui mobile, desktop, maupun web. Jika ingin membuat mind mapping yang terlihat profesional dan modern, Ayoa adalah aplikasi yang tepat.

Terdapat beberapa tampilan grafis yang bisa dipilih, seperti mind map, radial view, white board, organic maps, dan masih banyak lagi. Selain itu, Ayoa juga menyediakan berbagai pilihan font, warna, dan banyak elemen grafis lainnya yang tak kalah menarik.

Mindly

Tampilan Mindly

Tanpa perlu membuka laptop atau menyalakan PC, Mindly adalah aplikasi mind map yang bisa digunakan melalui ponsel dengan OS Android maupun iOs.

Aplikasi ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menghadirkan desain bulat untuk membuat mind map. Jika diamati, tampilannya jadi seperti planet yang sedang mengelilingi matahari. Persis seperti konsep tata surya.

Aplikasi Mind Map – Simple Mind

Sesuai namanya, Simple Mind merupakan aplikasi mind map yang praktis dan mudah digunakan. Kamu langsung bisa mengaksesnya tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

Apalagi kamu bisa menggunakannya berbagai fiturnya secara cuma-cuma. Namun, versi gratisnya hanya bisa kamu nikmati di mobile app. Jadi, kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu baik melalui Playstore (Android) maupun App Store (iOS).

XMind

Terakhir, ada aplikasi mind map bernama XMind yang memiliki banyak fitur. Ada berbagai jenis grafik yang tersedia untuk menunjang pembuatan mind mapping yang baik dan terstruktur.

Selain itu, XMind menyediakan mode pitch sehingga memungkinkan mind mapping siap untuk ditayangkan dalam slideshow. Saking banyaknya fitur, XMind kurang cocok untuk pemula. Perlu waktu untuk memahami bagaimana cara menggunakannya satu-persatu.


Itulah aplikasi mind map gratis yang dapat dimanfaatkan untuk brainstorming, bahkan bisa dilakukan bersama dengan tim secara real-time. Dengan menggunakan salah satu aplikasi di atas, ide dan konsep yang ada di kepala dapat tervisualisasikan dengan baik. Semoga membantu!

Baca juga: 4 Aplikasi Chat Anonim, Cocok untuk Cari Teman Curhat

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments