Yuk, Belanja dengan Bijak Di Ecommerce!

belanja ecommerce - awanapps.com
Isi Tabel

Belakangan ini media diramaikan dengan pemberitaan salah satu bisnis E-commerce yang merugikan UMKM. Hal ini ramai diperbincangkan oleh masyarakat melalui media sosial, terutama pada media Twitter. Tagar yang dibahas oleh netizen didasari oleh bentuk protes masyarakat yang merasa bahwa produk dari luar negeri dinilai terlalu murah. Sehingga persaingan harga tersebut menyebabkan konsumen lebih memilih untuk belanja produk asing dibanding produk dalam negeri di ecommerce tersebut.

belanja di ecommerce - awanapps.com
Kini Belanja dapat dilakukan Melalui Ecommerce

Menurut pandangan Dokter Tirta yang dikutip dari KumparanBisnis, fenomena yang saat ini terjadi adalah fenomena yang disebut cross border transaction. Kehadiran produk yang impor dari Cina yang dipasok dan didistribusikan dengan harga yang lebih murah menggerus kehadiran UMKM bangsa Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belanja Online, Ada Favoritmu?

Karena hal itu, sebagai konsumen masyarakat juga dituntut untuk bijak dalam berbelanja. Tidak dengan hanya memperhatikan harga namun juga memperhatikan dari siapa konsumen membeli dan mendapatkan barang tersebut. Sehingga tidak terjadi kesenjangan yang merugikan pihak UMKM.

Berikut ini adalah hal yang perlu kamu perhatikan sebagai konsumen yang belanja di e-commerce;

Perhatikan Transaksi dan Perlindungan Konsumen

Tidak semua konsumen yang melakukan transaksi jual beli memahami betul proses transaksi dan keamanan yang ditawarkan oleh bisnis E-commerce. Menurut Kominfo.go.id hal ini menjadi salah satu faktor banyak nya masyarakat yang tidak ingin untuk melakukan transaksi dan belanja Online.

Memperhatikan Barang yang Akan Kamu Beli di E-commerce

Belanja online tidak begitu mendukung para konsumen untuk dapat mengecek kondisi barang yang akan mereka pesan dan beli. Karena itu, ada baiknya untuk memperhatikan klasifikasi barang yang akan kamu beli menjadi sangat penting sebelum kamu berbelanja online.

Bacajuga: Perbedaan Ecommerce dan Marketplace: Mana yang Lebih Untung?

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan apakah tokoatau tempat kamu berbelanja adalah toko atau produsen yang terpercaya. Hal ini dapat kamu pastikan dengan mengecek penilaian pelayanan yang diberikan oleh pelanggan untuk took tersebut.

Memperhatikan harga yang ditawarkan

Harga yang murah banyak memikat pelanggan untuk belanja di ecommerce. Namun sebagai konsumen, cermat dalam memperhatikan serta membandingkan harga barang yang akan kamu beli, sangatlah penting.

Jangan mudah tergiur dengan promosi yang ditawarkan, bandingkan dulu barang yang kamu akan beli dari satu seller dengan seller lainnya. Perhatikan tanggapan para konsumen yang berbelaja pada seller tersebut, bagaimana tanggapan mereka dengnan barang yang kemudian mereka terima.

Perhatikan Cara Pembayaran Saat Belanja di Ecommerce

Sebelum akhirnya melakukan belanja di ecommerce, perhatikan cara pembayaran yang akan kamu pilih. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap cara transaksi pembayaran yang nantinya kamu pilih. Karena setiap metode pembayaran memiliki Plus dan Minus nya masing-masing. Dengan demikian, kamu akan memperkecil segala kemungkinan kesulitan dalam memenuhi dan menyelesaikan proses pembayaran.

Pertimbangkan Lama Pengiriman

Tahap selanjutnya yang perlu kamu perhatikan sebelum belanja di ecommerce adalah mempertimbangkan lama pengiriman barang. Dengan memperhatikan lama pengiriman kamu dapat memperkirakan kapan kamu akan menerima barang pesananmu.

Selain memperhatikan lama pengiriman, kamu juga dapat terus mengecek dan mengetahui keberadaan barang pesanan kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengajukan Complain jika barang mu tidak datang tepat waktu atau barang yang kamu pesan tidak sesuai.


Dengan memperhatikan hal-hal tersebut kamu sudah mengurangi berbagai resiko belanja secara Online di ecommerce. Selain itu, memperhatikan siapa Seller juga sangat penting. Berbelanjalah dengan bijak bukan hanya berdasarkan tawaran harga yang murah, tapi juga dengan memperhatikan siapa pemasok barang tersebut. Berbelanja produk yang merupakan hasil karya anak bangsa tentunya akan sangat membantu kondisi ekonomi UMKM serta kondisi ekonomi masyarakat Indonesia.

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments