Waspada! Ketahui Modus Penipuan Baru Lewat WhatsApp!

Ilustrasi Modus Penipuan Baru Lewat WhatsApp. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Kini WhatsApp sudah menjadi aplikasi yang jadi makanan sehari-hari masyarakat, mulai dari kaula muda hingga tua. Namun, popularitasnya membuat WhatsApp menjadi alat untuk mengerahkan modus penipuan baru yang merugikan penggunanya.

Dilansir dari laman Nextren, sudah tercatat sebanyak 2 miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Aplikasi ini menjadi prioritas utama masyarakat untuk bertukar pesan di kehidupan sehari-hari.

Namun, muncul oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya sebagai sarana tindak penipuan. Seperti kasus yang baru-baru ini terjadi di Indonesia. Modus ini dikerahkan untuk menipu dan menguras rekening yang sangat merugikan pengguna.

Berikut AwanApps rangkum daftar modus penipuan baru lewat WhatsApp yang harus diwaspadai!

Baca juga: Waspada! Kenali Ciri-ciri Link Phising yang Bisa Curi Data!

Undangan Digital Palsu Lewat WhatsApp 

Modus penipuan baru lewat WhatsApp ini sedang ramai diperbincangkan publik. Penipuan dikerahkan dengan mengirimkan undangan pernikahan palsu dalam format apk. Apabila diklik, undangan tersebut dapat mencuri data pribadi yang tersimpan di ponsel.

Informasi pengguna seperti password, PIN rekening bank, dan lainnya bisa dicuri untuk keperluan yang tidak bertanggung jawab, seperti daftar pinjol ilegal. Tentu kasus ini sangat merugikan pengguna WhatsApp yang terlanjur terpancing untuk klik undangan tersebut.

Berkedok Kurir Paket

Siapakah yang sering mendapatkan chat dari kurir paket melalui WhatsApp? Perlu diwaspadai, karena bisa jadi orang tersebut merupakan oknum modus penipuan yang mengaku jadi kurir paket!

Jika biasanya kurir paket hanya mengirimkan foto dalam bentuk jpeg, modus penipuan baru lewat WhatsApp yang ini berbeda. Oknum akan mengirimkan foto dalam format apk. sehingga korban terpancing untuk membukanya.

Setelah diklik, file akan terunduh dan terpasang pada perangkat korban. Nantinya, pelaku mengarahkan korban untuk memencet apk pelacakan paket yang dikirimkan lewat chat dan berujung meminta korban mengisi OTP. 

Inilah yang menjadi alat untuk menyedot data informasi pribadi korban yang sangat merugikan.

Tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp

Modus penipuan baru lewat WhatsApp yang satu ini memang ada-ada saja karena oknum mengirimkan pesan tagihan BPJS kesehatan kepada korban. Anehnya, tagihan yang dikirimkan berbentuk apk yang diberi nama “LEMBAR TAGIHAN Instal.apk”.

Dalam file yang dibagikan, tertera lembar tagihan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan yang meminta korban untuk melakukan pembayaran. Indikasi modus penipuan ini terlihat dari nomor telepon pengirim yang tidak menggunakan nomor resmi badan perusahaan.


Itulah modus penipuan baru lewat WhatsApp yang harus diwaspadai. Semakin kreatifnya para oknum jangan sampai membuatmu lengah dan kenali ciri-ciri modus penipuan dengan lebih seksama lagi. Jadi, tetaplah waspada, ya!

Baca juga: Kenali Penipuan di Ecommerce, Belanja Online Lebih Aman

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments