Waspada! Ini Tips Amankan Data Pribadi agar Tidak Diretas

Ilustrasi tips amankan data pribadi dari serangan hacker. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Kasus kebocoran data pribadi masih saja terjadi hingga saat ini. Hal ini menjadi teguran bagi semua khalayak pengguna dunia maya dan internet untuk mengetahui tips amankan data pribadi milikmu. Jika tidak, akan sangat berisiko jika data pribadimu bocor dan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Banyaknya kejahatan siber tentu akan merugikan pemilik data pribadi. Data pribadi merupakan salah satu informasi penting yang sangat sensitif untuk diketahui banyak orang. Bisa saja data yang bocor dijual kembali di situs gelap dan dijadikan identitas bodong untuk daftar pinjaman online.

Pasti kamu tak ingin hal ini terjadi kepadamu, kan? Oleh karena itu, kamu bisa coba ikuti tips untuk amankan data pribadi agar tidak diretas hacker. Simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Lima Tanda Handphone Disadap Oleh Hacker!

Tips Amankan Data Pribadi: Buatlah Kata Sandi yang Rumit

Di era serba digital ini, pasti hampir semua masyarakat memiliki akun media sosial entah itu Instagram, Twitter, Facebook, dan platform jejaring sosal lainnya. Saat registrasi, seseorang harus atur password atau kata sandi. Dengan begitu, keamanan akunmu akan terjaga dari pembajakan.

Namun, yakinkah kamu kalau akun media sosialmu sudah sepenuhnya aman? Tentu saja, ada aturan untuk membuat kata sandi agar akunmu tak mudah diretas orang.

Kebanyakan orang memakai tanggal lahir, warna favorit, nama hewan peliharaan, dan lainnya agar mudah diingat. Padahal, penggunaan kata sandi yang seperti itu seharusnya dihindari. Peretas akan mudah menebaknya sehingga akunmu malah berpotensi tinggi untuk dibajak.

Maka dari itu, tingkatkan kesulitan kata sandimu dengan mengombinasikan huruf kapital dan huruf kecil. Kemudian, sematkan pula angka dan karakter unik sehingga password sulit ditebak. Dengan begitu, niscaya akunmu akan aman dari serangan hacker.

Periksa Kemanan Situs yang Dikunjungi

Tanpa disadari, pengguna intenet sudah berselancar ke berbagai situs yang sudah tak terhitung jumlahnya. Mulai dari situs kecantikan, olahraga, ekonomi, dan topik lainnya pasti sudah dijelajahi.

Akan tetapi, kamu perlu waspada ada beberapa situs berbahaya yang dapat menyerang sistem perangkatmu. Akibatnya, data yang tersimpan berpotensi untuk dicuri hacker. Maka dari itu, pastikan URL pada situs diawali oleh ‘https’ yang muncul bersamaan dengan ikon kunci. Dengan begitu, situs yang kamu kunjungi terbukti aman.

Jangan Overshare Cerita di Sosial Media

Dilansir dari laman We Are Social, pengguna media sosial di dunia sudah mencapai lebih dari 4 miliar. Tentu angka tersebut menunjukkan media sosial adalah hal yang lazim digunakan pada era ini.

Akan tetapi, kamu perlu bijak dalam menggunakan media sosial apa pun itu platformnya. Jangan terlalu banyak membagikan cerita atau pengalaman di akunmu karena akan berdampak buruk bagi keamanan datamu. Walaupun kamu membagikannya hanya kepada pengikutmu saja, namun kebocoran informasi pentingmu bisa saja terjadi.

Tips Amankan Data Pribadi: Gunakan Mode Incognito

Pasti kamu sudah pernah dengar mode incognito (penyamaran) yang tersedia pada browser. Dengan mengaktifkan mode ini, kamu bisa berselancar di internet dengan aman karena perekaman data dinonaktifkan secara otomatis. Selain itu, browser juga tidak bisa merekam data pribadi termasuk kata sandi, username, email, dan informasi lainnya. 


Itulah beberapa tips untuk amankan data pribadi agar tidak mudah diretas. Dengan mengetahui informasi di atas, diharapkan kamu dapat meningkatkan kewaspadaan saat berselancar di internet. Jadi, mari lebih berhati-hati lagi, ya!

Baca juga: Tips Amankan Akun Instagram dari Bobolan Hacker

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments