Tren Wisata 2022 Menurut Tiket.com dan Kemenparekraf!

Ilustrasi tren wisata 2022. (Sumber: iStock)
Isi Tabel

Memasuki penghujung tahun, Tiket.com dan Kemenparekraf mengungkapkan daftar tren wisata selama tahun 2022. Dalam webinarnya yang diselenggarakan pada 13 Desember lalu, terungkap aktivitas wisata masyarakat Indonesia yang paling diminati sepanjang tahun 2022.

Tentu hal ini menjadi kabar gembira untuk kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19. Meningkatnya wisatawan lokal maupun mancanegara yang kembali mengunjungi destinasi wisata Indonesia mampu mendongkrak kembali devisa negara dari keterpurukan.

Setelah mengupayakan beragam inovasi, sektor pariwisata Indonesia mulai pulih dan menjadikannya salah satu negara yang masih bertahan sebagai destinasi wisata saat pandemi berlangsung.

Jika dirangkum, ada beberapa tren wisata yang populer sepanjang tahun 2022 walaupun pandemi sedang menyerang. Berikut destinasi pariwisata terfavorit yang dilansir dari data kemenparekraf yang berkolaborasi dengan Tiket.com.

Baca juga: 3 Perusahaan di Bidang Wisata Luar Angkasa

Tren Wisata 2022 Menurut Tiket.com dan Kemenparekraf

Melihat data yang telah dirangkum oleh Tiket.com bersama Pustadin Kemenparekraf, destinasi wisata favorit masyarakat untuk berpergian dalam negeri meliputi Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Dilansir dari laman Nextren, jumlah outbond tourism Indonesia mengalami peningkatan. Terdapat kenaikan pemesanan sebesar 81,8% dan jumlah pax 90,9%. Selain itu, tiket penerbangan domestik mengalami peningkatan dari tahun 2020. Hal ini menunjukkan adanya kecenderungan perilaku konsumen yang stabil.

Sepanjang tahun 2022, staycation menjadi jenis wisata yang paling banyak dipilih masyarakat. Menurut data BPS Mei 2021 – Mei 2022, tren ini membuat tingkat hunian kamar hotel berbintang jadi meningkat 49,85%.

Tak hanya kamar hotel, tiket.com pun mendata jika terjadi peningkatan untuk sewa vila dan apartemen berkat populernya staycation. Persentase pemesanan mencapai dua kali lipat dari sebelum pandemi berlangsung yaitu menjadi 204%. Kota tujuan favorit masyarakat untuk staycation antara lain adalah DKI Jakata, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Upaya Tiket.com untuk Sektor Pariwisata 2023

Gaery Undarsa selaki founder Tiket.com menyambut kebangkitan sektor pariwisata Indonesia dengan optimis. Ia mengungkapkan, pihaknya akan terus turut berkonstribusi agar program wisata `akan terus bertahan di tahun 2023.

“Kami di tiket.com berkomitmen untuk berperan aktif dalam menjaga ekosistem pariwisata sehingga terus bertahan dari berbagai tantangan yang mungkin hadir di 2023, serta di saat yang sama berkembang dan bersiap untuk peningkatan animo pariwisata,” ujarnya dikutip dari laman Nextren.

Tiket.com nantinya akan terus meluncurkan berbagai promo agar tetap menjaga minat masyarakat Indonesia untuk berwisata. Selain itu, sinergi yang dilakukan bersama dengan Kemenparekraf tetap terus berjalan demi mendukung berbagai program pemerintah terkait bidang kepariwisataan.

Dengan adanya program pemberdayaan bagi pelaku usaha wisata dan program berbasis riset yang diselenggarakan oleh pemerintah, upaya pemulihan dan pertumbuhan industri diharapkan dapat mencapay keberhasilan.


Itulah informasi tren wisata 2022 menurut Tiket.com dan Kemenparekraf. Walaupun Indonesia diserang oleh pandemi, namun ternyata industri pariwisata tetap bertahan dan berperan penting untuk menstabilkan devisa negara. Diharapkan sektor pariwisata akan selalu mengalami peningkatan dan pertumbuhan di tahun 2023 mendatang, ya!

Baca juga: Coba Fairytrail, Aplikasi Kencan yang Cocok untuk Travelers!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments