Tips Mudah Memusnahkan Rasa Insecure!

Ilustrasi seseorang yang mengalami insecure. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Apakah kamu pernah merasa tidak percaya diri dengan apa yang kamu miliki? Hingga membuat kamu tak nyaman? Bila pernah merasakan kondisi seperti itu, maka kemungkinan kamu tengah mengalami insecure atau perasaan tidak nyaman. Hingga akhirnya kamu bisa kehilangan rasa percaya diri.

Christine Anggraini, M.Psi., Psikolog Klinis mengatakan, bahwa insecure merupakan hal yang wajar dialami oleh semua orang. Sebab, tak realistis rasanya bila tidak ada orang yang pernah mengalami perasaan tersebut.

“Meski mengalami insecure, hal yang menjadi tugas kita itu adalah memunculkan rasa overcome atau mengatasi ketidakpercayaan diri,” ujarnya dalam live Instagram di @insightku.psikologi.

Beberapa dari kamu pasti kerap kali memikirkan perkataan orang lain, hingga akhirnya mengakibatkan rasa insecure itu muncul. Salah satu contonya adalah pemikiran bahwa diri individu tidak cukup baik dibandingkan orang lain.

Meskipun perasaan seperti itu terus menghantui, kamu harus berani melawan insecure tersebut. Bila tetap bertahan dan mengamini perasaan itu, maka diri kamu tidak akan pernah melangkah lebih maju. Tentunya, ada beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk memusnahkan perasaan insecure tersebut.

Ingin tahu apa saja tips mudah untuk memusnahkan rasa tak nyaman itu? Yuk, langsung saja kita simak informasinya berikut ini!

Baca juga: Tips Mengatasi Bossophobia di Lingkungan Kerja

Langkah-langkah Melawan Insecure

Ketika mengalami perasaan insecure, kamu perlu pahami terlebih dahulu pada situasi apa. Misalnya, kamu merasa tidak percaya diri saat perlu berbicara dihadapan klien atau rekan kerja lainnya. Dengan mengetahui situasinya, kamu bisa mengecek asumsi negatif apa yang hinggap di pikiran.

“Bisa saja kamu memiliki asumsi, seperti oh saya bodoh, saya nggak ok, atau bahkan saya anaknya tidak berbakat. Asumsi-asumsi negatif inilah yang perlu kamu dihindarkan atau dihapus,” terangnya.

Setelah tahu situasi dan asumsi seperti apa yang muncul, kamu bisa sharing untuk berbagai cerita tentang rasa insecure tersebut. Entah bercerita dengan orang tua, teman, psikolog, atau orang yang dianggap dekat dengan kamu.

Dengan menceritakan masalah tersebut, kamu akan mendapatkan saran yang tepat untuk menghilangkan rasa tidak percaya diri itu. Namun, perlu diingat pada tahap ini kamu perlu bercerita dengan orang yang tepat.

“Jika kamu berbicara pada orang yang tidak tepat, maka ada kemungkinan mereka akan semakin menjatuhkan. Hingga diri kamu semakin mengalami insecure,” tegasnya.


Lewat beberapa tahapan overcome itu, kamu menjadi tahu di bagian mana akan merasa tidak percaya diri. Kemudian, mendapatkan berbagai saran dari orang-orang yang tepat. Dengan begitu, kamu tahu harus melangkah seperti apa agar bisa bangkit dari ketidakpercayaan diri itu.

“Tingkatkan saja kemampuan diri sendiri, lakukan yang terbaik untuk setiap prosesnya. Bila hasilnya pun tidak baik, masih ada waktu untuk mengevalusinya. Terpenting, kamu berani melawan sesuatu yang membuat insecure,” pungkasnya.

Baca juga: Mengenal Kondisi Academic Burnout di Kalangan Pelajar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments