Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK Rilis Game Smart Digital!

Ilustrasi OJK rilis Game Smart Digital Indonesia untuk tingkatkan literasi keuangan. (Sumber: twitter.com/ojkindonesia)
Isi Tabel

Dalam upaya tingkatkan literasi keuangan, OJK berinisiatif untuk mewujudkan kemajuan Digital Financial Literacy (DFL) dalam bentuk game Smart Digital Indonesia. Menurut Darmansyah selaku Direktur Humas OJK, inisiatif ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem keuangan digital yang kuat.

“Inisiatif pembuatan games literasi digital ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem keuangan digital yang kuat, bertanggung jawab dan memperhatikan aspek perlindungan konsumen, di tengah tingkat literasi layanan keuangan digital yang masih rendah pada masyarakat Indonesia,” kata Darmansyah dikutip melalui laman resmi OJK.

Ia menjelaskan, dengan kehadiran games ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemahaman akan mencapai target inklusi keuangan, khususnya keuangan digital yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: Gandeng OJK, GoTo Financial Hadirkan Program FinanSiap

Tentang Game Smart Digital

Games Smart Digital Indonesia merupakan permainan yang diluncurkan OJK pada Desember 2022. Di dalamnya, terdapat empat modul literasi keuangan digital yang meliputi pemilihan produk keuangan, cyber ninja, fintech lending, dan kanal pengaduan konsumen.

Berdasarkan hasil survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan oleh OJK pada Desember 2022 lalu, indeks literasi keuangan digital mencapai persentase sebesar 41%. Sementara, persentase untuk indek inklusi keuangan menunjukkan angka 72%.

Dengan demikian, dapat dilihat bahwa cukup banyak masyarakat Indonesia yang telah menggunakan layanan keuangan digital tanpa dibeli oleh pengetahuan yang mumpuni. Inilah yang menjadi perhatian OJK karena kurangnya literasi masyarakat terhadap penggunaan keuangan digital. 

Tentu peristiwa ini memunculkan potensi terjadinya risiko-risiko baru. Oleh karena itu, games ini dihadirkan agar masyarakat melek terhadap bagaimana pentingnya pengetahuan terhadap keuangan digital di Indonesia.

Bagi yang belum tahu, Games Smart Digital Indonesia ini merupakan permainan yang mengilustrasikan kondisi sehari-sehari yang dialami masyarakat sebagai pengguna layanan keuangan digital. Melalui cara ini, diharapkan pemahaman masyarakat terhadap inovasi keuangan digital akan semakin meningkat.

Kehadiran Games Smart Digital Indonesia mendapat respon positif dilihat dari jumlah pengunduhan di Play Store yang sudah mencapai 10 ribu pengguna. Selain tersedia di Google Play Store, masyarakat pengguna iOS juga dapat mengunduhnya melalui App Store.


Melalui inisiatif ini, OJK berharap upayanya untuk tingkatkan literasi keuangan masyarakat dapat direalisasikan melalui Games Smart Digital Indonesia ini. Dengan ilustrasi yang dihadirkan pada game ini, masyarakat disuguhkan dengan penggambaran mengenai penggunaan layanan keuangan digital di Indonesia. 

Jadi, sudahkan kalian mengunduh aplikasinya? Yuk, komentar di bawah!

Baca juga: Waspada! Berikut Bahaya Joki Pinjol yang Merugikan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments