Simak 5 Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2023!

Ilustrasi skill yang dibutruhkan di tahun 2023. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Sudahkah kamu persiapkan diri dengan skill yang dibutuhkan di tahun 2023? Tahun baru telah tiba, saatnya asah skill dan kemampuanmu untuk terus meningkatkan produktivitas dan penghasilan. 

Melihat kilas balik tahun 2022, digitalisasi di berbagai sektor mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Hal ini pun memicu para lulusan baru dan pencari kerja menjadi semangat untuk meningkatkan skill yang mendukung mereka untuk berkarir di bidang digital.

Tentu di tahun 2023 skill dan keterampilan tersebut masih sangat dibutuhkan. Apa sajakah itu? Berikut daftar skill yang dibutuhkan di tahun 2023. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga: SeekMax, Platform Belajar Milik Jobstreet untuk Pertajam Skill

Skill yang Dibutuhkan di tahun 2023: Copywriting

Siapa yang sudah familiar dengan skill yang satu ini? Jika kamu sering berjumpa dengan berbagai penyedia pelatihan untuk upgrade skill, kelas Copywriting selalu banyak peminat.

Copywriting sendiri merupakan sebuah kegiatan penulisan untuk sebuah promosi dan pemasaran suatu produk atau brand secara soft-selling. Skill ini tentu sangat dibutuhkan di era digital mengingat hampir semua media promosi menggemborkan kampanye mereka dengan penuh kreativitas.

Di sinilah skill Copywriting dibutuhkan. Promosi dan pemasaran yang disampaikan secara gamblang tak lagi menjadi hal yang diminati. Teknik marketing yang meliputi kemampuan merangkai kata dengan menarik dan kreatif secara bersamaan kini lebih dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Content Marketing

Ilustrasi content marketing

Selain Copywriting, Content Marketing juga menjadi skill yang dibutuhkan untuk memasarkan produk secara online di tahun 2023. Teknik ini melibatkan kemampuan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target audiance dengan maksud meningkatkan penjualan perusahaan.

Selain itu, Content Marketing juga mempunyai misi untuk meningkatkan brand awarness agar nama perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat. Oleh sebab itu, seorang Content Marketer memiliki tanggung jawab untuk membuat content plan, content writing, content optimization, dan tugas lainnya yang berhubungan dengan pengembangan konten.

Software Development

Siapapun pasti membutuhkan seseorang yang memiliki skill Software Development di tahun 2023. Pasalnya, perusahan teknologi sedang berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi yang canggih dan solutif untuk masyarakat.

Tugas seorang Software Developer ini cukup rumit. Mulai dari membuat, mendesain, coding, testing, hingga framework. Maka dari itu, perusahaan sangat membutuh seseorang dengan skill ini bahkan mereka bisa dibayar dengan harga yang menjanjikan, lho!

Graphic Design

Siapa sih yang tidak butuh seorang dengan skill Graphic Design di tahun 2023? Penggunaan media sosial sebagai wadah perusahaan untuk melakukan promosi dan meningkatkan brand awarness tidak ada artinya jika tak ada Graphic Designer.

Visual merupakan hal yang dikedepankan pada era serba digital ini demi menarik perhatian para audiens. Apalagi, seorang Graphic Designer pasti dibutuhkan untuk mendesain media promosi dalam bentuk digital maupun cetak. 

Skill yang Dibutuhkan Tahun 2023: Video Editing

Jika kamu seorang Content Creator, skill video editing sangat dibutuhkan untuk keperluan pembuatan video. Tanpa adanya skill ini, visual konten tidak akan mendukung untuk keperluan promosi online di media sosial.

Bagi yang masih amatir dalam kegiatan penyuntingan video, ada banyak aplikasi video editing yang tersedia di Play Store dan App Store. Jadi, kamu bisa perlahan-lahan asah skill ini dengan memanfaatkan deretan aplikasi tersebut, ya!


Itulah daftar skill yang dibutuhkan di tahun 2023. Perusahaan teknologi sudah pasti memerlukan talenta dengan skill seperti di atas guna kegiatan promosi dan marketing online. Dari semuanya, manakah yang menarik untuk kamu pelajari? Atau kamu sudah memiliki salah satunya? Yuk, komentar di bawah!

Baca juga: Startup Edtech, Layanan Pembelajaran untuk Pertajam Skill!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments