Santet, Hand Sanitizer Sachet Karya Mahasiswa Unair

Ilustrasi hand sanitizer. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Meski sudah ada sejak lama, namun hand sanitizer mulai sangat dibutuhkan oleh masyarakat beberapa waktu lalu ketika pandemic terjadi. Kandungan pembersih tangan itu dianggap dapat mencegah penularan Covid-19.

Di awal pandemi, hand sanitizer ini sulit untuk didapatkan. Namun, kini sudah banyak pihak yang menciptakan produk tersebut. Produk di bidang kesehatan itu pun hadir dengan berbagai macam kandungan hingga kemasan.

Baca juga: Mahasiswa Unair Buat Sistem Irigasi dengan Panel Surya

Salah satunya adalah tiga mahasiswa Universitas Airlangga yang membuat inovasi kemasan hand sanitizer. Menariknya, pembersih tangan gagasan mahasiswa prodi Manajemen Perhotelan itu memiliki bentuk sachet.

Sebab, biasanya hand sanitizer itu dikemas dalam botol dan memakan tempat. Uniknya lagi, inovasi ini disebut dengan nama SANTET. Eits, jangan sampai salah kira ya ini bukan ilmu santet loh. Namun, SANTET merupakan singkatan dari sanitizer sachet.

“Kami berinovasi dengan membuat hand sanitizer praktis, tidak membuat kantong kering, dan tetap dapat digunakan untuk menjaga kebersihan diri,” ujar Elvira Therxlora, salah satu anggota tim yang dikutip dari laman resmi UNAIR, Selasa (27/04).

Awal Mula Inovasi Santet Terbentuk

Inovasi ini terbentuk karena banyak masyarakat yang kurang peduli dengan kebersihan diri. Sebab, mereka belum terbiasa untuk membawa dan menggunakan hand sanitizer. Apalagi kalau produk tersebut dalam bentuk kemasan besar, mereka pun cenderung malas membawanya.

Sebab itu, Elvira bersama Offa Nidya Sari dan Anis Veranika mengusung pembersih tangan yang mudah untuk digunakan dan dibawa dengan fleksibel. Kamu juga nggak perlu khawartir soal kualitas produknya, sebab pengemasannya menggunakan alat dan bahan yang steril.

“Kami juga tetap menggunakan peralatan sesuai dengan protokol kesehatan seperti halnya face shield, hand glove, dan peralatan untuk repackaging kami steril-kan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Untuk kandungan sanitizer sachet ini memang masih menggunakan produk lain. Akan tetapi, kedepannya tim ingin mengembangkan hand sanitizer dengan bahan yang diracik sendiri.

“Sementara ini kita pakai produk lain karena tentunya cukup sulit untuk pembuatan hand sanitizer sendiri dengan pengajuan BPOM, apalagi di masa pandemi seperti ini,” papar mahasiswa Manajemen Perhotelan itu.


Elvira mengatakan, bahwa SANTET merupakan inovasi baru dalam penggunaan sanitizer yang lebih ekonomis, simpel, dan inovatif. Dengan kehadiran produk ini, diharapkan dapat mempermudah dalam pengaplikasian hand sanitizer pada masyarakat.

Baca juga: Catat! 3 Jurusan Kuliah Paling Unik di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments