Perusahaan Big 4 Deloitte akan PHK 1.200 Karyawan!

Ilustrasi kantor Deloitte Jakarta. (Sumber: Deloitte)
Isi Tabel

Salah satu perusahaan akuntan raksasa di dunia (Big 4), Deloitte akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 1.200 karyawan. Tentu jumlah tersebut dapat dikatakan masif, 1,5 persen dari total seluruh karyawan di Amerika Serikat (AS).

Kabar ini terungkap saat memo internal karyawan dari perusahaan akuntan tersebut bocor ke publik. Alasannya, pengurangan karyawan ini disebabkan karena ketidakpastian makro ekonomi yang sedang terjadi.

Peristiwa ini tentu mempengaruhi kondisi keuangan konsumen, sehingga mempengaruhi presentase permintaan di sejumlah bisnis. Tak hanya itu, PHK di Deloitte terjadi akibat adanya penurunan aktivitas merger dan akuisi.

Dikutip dari laman Kompas yang melansir Reuters, pihak Deloitte mengatakan “Bisnis AS kami terus mengalami permintaan klien yang kuat. Karena pertumbuhan dalam praktik tertentu moderat, kami mengambil tindakan personel yang sederhana jika diperlukan.”

Namun, ternyata tak hanya Delloite saja yang kondisi perusahaannya sedang gonjang-ganjing. Perusahaan keuangan sekelas Ernst & Young saja kabarnya juga akan memangkas 5 persen karyawan di AS beberapa waktu lalu.

Badai resesi ekonomi nampaknya memang sedang menerjang berbagai sektor bisnis, termasuk sektor keuangan. Perusahaan seperti Wall Street, manajer aset, dan fintech mengalami gejolak yang membuat pihaknya terpaksa menurunkan angka tenaga kerja demi efisiensi biaya.

Baca juga: Gandeng OJK, GoTo Financial Hadirkan Program FinanSiap

Mengenal Deloitte

Deloitte adalah bagian dari firma akuntansi Empat Besar yang mencakup EY, KPMG, dan PricewaterhouseCoopers. Tak heran perusahaan akuntan raksasa ini jadi impian para akuntan, termasuk di Indonesia.

Dilansir dari laman resminya, Deloitte sendiri dipimpin oleh Joe Ucuzoglu sebagai CEO globalnya. Perusahaan ini menyediakan layanan audit dan jaminan global terkemuka, konsultasi, penasihat keuangan, penasihat risiko, pajak dan hukum, serta layanan terkait.

Saat ini, Deloitte sudah memiliki sekitar sekitar 415.000 orang di 150 negara dan wilayah di dunia. Sudah lebih dari 80 mitra dan direktur. Selain itu, Deloitte juga telah memiliki lebih dari 1.200 karyawan yang terdiri dari dua kantor di Jakarta dan Surabaya.

Penghargaan yang telah diraih oleh Deloitte 

  • Bersertifikat Great Place to Work. 
  • 2021 Indonesia Best Company to Work For oleh HR Asia Awards. 
  • WeCare Awards 2021 dari HR Asia Awards untuk mendemonstrasikan upaya teladan dalam menciptakan budaya empati dan kepedulian. 
  • Diakui sebagai Indonesia Tax Firm of the Year for the 2nd consecutive year dan Indonesia Transfer Pricing Firm of the Year oleh International Tax Review Asia Pacific Tax Awards 2022. 
  • Diakui sebagai Asia Transfer Pricing Firm of the Year 2019 oleh International Tax Review. 
  • Diakui sebagai Regional Impact Cases of the Year 2019 oleh International Tax Review. 
  • Roy David Kiantiong dan Balim telah disebutkan dalam Expert Guides sebagai pakar Transfer Pricing terkemuka di Indonesia. 
  • Diakui sebagai Insurance Law Firm of the Year 2021 by Asian Legal Business.
  • Mendapatkan Projects & Infrastructure Firm of the Year 2021 oleh Asian Legal Business. 
  • Structure Finance & Securitization Firm of the Year 2021 oleh Asian Legal Business.
  • Terdaftar sebagai 100 pengacara teratas Indonesia oleh The A List – Asian Business Law Journal. 
  • Terdaftar sebagai 500 pengacara di Indonesia oleh Legal 500.


Itulah informasi mengenai Perusahaan Big 4 Deloitteyang akan PHK 1.200 Karyawan di Amerika Serikat. Banyak yang keliru kalau yang terdampak pemutusan hubungan kerja adalah karyawan Deloitte Indonesia, padahal bukanlah demikian. Jadi, jangan sampai keliru, ya!

Baca juga: Perusahaan Big 4 Deloitte akan PHK 1.200 Karyawan!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments