Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Model Bisnis Ecommerce

model bisnis ecommerce - awanapss.com
Isi Tabel

Apakah kamu dalam keadaan ragu untuk beralih dari model bisnis konvensional ke model bisnis ecommerce? Mengingat banyaknya pertimbangan yang ada dalam pikiran namun ditekan dengan keadaan yang serba digital. Ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat usaha dengan model bisnis e-commerce atau beralih dari konvensional ke model bisnis ecommerce.

Prospek Model Bisnis Ecommerce

Sekarang perlahan mulai pada menurunkan egonya dan mulai beralih ke ojek online yang lebih jelas prospeknya. Seperti membuat usaha pada zaman yang semakin maju saat ini. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, apakah memulai dengan model bisnis konvensional atau langsung mulai dengan model bisnis e-commerce.

Konvensional tentu akan terlihat jelas bahwa, kita benar-benar serius ingin membuat usaha. Seperti kondisi fisik yang terlihat jelas, proses bekerja yang terjadwal dan banyak hal yang membuat orang-orang masih menggunakan bisnis konvensional. Tetapi, di lain sisi, model bisnis e-commerce juga memiliki keuntungan dan keunggulan yang beragam.

Memang akan lebih ideal jika, usaha kamu bisa menggunakan kedua model bisnis tersebut, konvensional dan e-commerce. Dengan memiliki outlet dengan alamat yang jelas akan membuat kepercayaan kepada customer bertambah. Apalagi bila katalog toko kamu lengkap dan tertata rapi, tentu akan menambah kenyamanan dari calon pelanggan. Dengan begini, jumlah penjualan kamu akan semakin meningkat.

Tetapi untuk membuat usaha dengan model bisnis e-commerce, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Langsung saja baca uraian berikut ini mengenai, 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat usaha dengan model bisnis ecommerce.

Mengenal Model Bisnis Ecommerce

Pertama yang perlu kamu perhatikan adalah, kamu harus mengetahui dan mengenal apa itu model bisnis e-commerce. Untuk mudahnya adalah, model bisnis ecommerce yaitu kegiatan perdagangan yang menggunakan media elektronik sebagai alat untuk segala aktivitas jual beli.

Biasanya e-commerce sangat berkaitan dengan usaha bisnis melalui platform seperti Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, OLX dan lain-lain. Namun, selain marketplace, kamu juga bisa membuat bisnis e-commerce dengan membuat domain website profesionalitas untuk brand yang kamu miliki.

Menentukan Ecommerce yang Digunakan

Setelah sudah mengetahui apa itu model bisnis ecommerce, kamu harus bisa menentukan usaha yang akan dibuat. Mengingat banyak sekali ecommerce yang ada di Indonesia, tentu semua usaha ingin terhubung dengan ecommerce yang ada agar memudahkan customer.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belanja Online, Ada Favoritmu?

Tetapi, perlu ada yang diperhatikan dari segi kemudahan dan kesulitan masing-masing marketplace. Terkadang semua, memiliki keunggulan masing-masing dan kekurangan masing-masing tentu harus dipertimbangkan. Ditambah website profesional untuk brand yang akan kamu buat, harus benar-benar dilihat dari semua bagian agar bisa diakses dengan mudah.

Karyawan yang Mengerti Sesuai Bidang

Apabila kamu ingin membuat usaha dengan model bisnis ecommerce, tentu harus memiliki sumber daya manusia yang cocok dan sesuai kualifikasinya. Sangat berbeda dengan karyawan yang hanya melayani dan menjaga bisnis konvensional, ada keahlian khusus yang perlu dimiliki.

Mengerti untuk bidang pengelolaan website, admin masing-masing marketplace, semua harus dimiliki sebelum membuat usaha dengan model bisnis e-commerce. Dengan sudah mendapatkan karyawan yang mengerti sesuai bidang, tentu proses penjualan brand kamu akan menjadi lebih mudah.

Terus Memberikan inovasi dan Konten

Agar katalog toko kamu dapat terus berkembang, harus didukung dengan konten yang kuat dan konsisten. Hal ini dimaksudkan agar usaha kamu terlihat kredibel dan dapat dipercaya customer. Selalu memberikan arahan dari beberapa media sosial untuk mengarahkan proses transaksi ke website juga merupakan proses peningkatan trafik website kamu.

Baca juga: Sebelum Belanja Online, Yuk Kenali 6 Istilah E-Commerce Ini

Model bisnis ecommerce tentu bukan hal yang mudah, banyak yang mengalami kegagalan. Bahkan ada yang tetap bertahan tetapi jatuhnya kurang maksimal, sama saja balik lagi ke konvensional yang lebih ramai. Kalau sudah seperti itu tentu sangat disayangkan, apalagi buat kamu yang dari awal ingin menggunakan usaha dengan model bisnis ecommerce.

Siap Menjaga Keamanan Database

Zaman digital dan teknologi yang semakin maju dan berkembang, tentu sebuah data akan menjadi riskan. Mudahnya menaruh data pada dunia digital membuat keamanan database menjadi hal yang perlu dimaksimalkan. Jangan sampai ada yang bocor mengenai database yang dimiliki.


Itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat usaha dengan model bisnis ecommerce. Memang bukan hal yang gampang sesuai, tetapi paling tidak ada gambaran sebelum membuat usaha. Jangan sampai gegabah, kenali satu per satu, lakukan secara bertahap dengan pelan-pelan. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin membuat usaha ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments