Peran & Strategi Ecommerce di Kala Pandemi

strategi ecommerce - awanapps.com
Isi Tabel

Ecommerce merupakan suatu kegiatan jual beli sebuah barang maupun jasa melalui jaringan elektronik seperti internet. Tahukah kalian bahwa bisnis di bidang ecommerce ini membuka lebih banyak strategi untuk menarik minat pembeli?

Pada tahun 2020 proyeksi ecommerce di Indonesia mencapai lebih dari US$ 130 miliar. Dengan ini tentu Indonesia memiliki kesempatan besar untuk bersaing dengan negara lain dalam hal perkembangan ecommerce. Situs-situs ecommerce di Indonesia pun ternyata memiliki sistem dan juga konsep yang berbeda.

Di Masa modern ini ecommerce telah menjadi kebutuhan di Indonesia. Kehadiran ecommerce ini dianggap sebagai titik terang bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan juga menengah. Dengan kehadiran ecommerce pelaku ekonomi kreatif dapat memasarkan produk mereka lebih luas lagi, bahkan mencapai skala internasional. Jadi e-commerce dapat dikatakan sebagai salah satu faktor kebangkitan UMKM Indonesia, sekaligus pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Faktanya beberapa manfaat untuk UMKM di Indonesia yang dapat kita lihat dari hadirnya ecommerce, yaitu memudahkan pelaku usaha untuk dapat berkomunikasi dengan calon konsumennya. Komunikasi serta informasi yang jelas dari penjual, akan membuka peluang lebih besar bagi pedagang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Strategi Ecommerce Saat Pandemi

Pada kondisi Covid-19 ini tentunya platform online atau ecommerce ini sangat membantu. Dimana kita diharuskan untuk tetap di rumah tetapi tetap menghasilkan uang dari berbisnis online. Pembeli pun tetap dapat membeli kebutuhan mereka hanya menggunakan ponsel ataupun laptop.

Pelaku usaha juga dapat lebih fokus dalam mengontrol bisnis mereka dan juga dapat menambah banyak varian produk yang mereka jual. Selain itu dengan menggunakan ecommerce, kita tidak perlu mengambil barang yang telah dipesan ke tempatnya. Hanya dengan menunggu di rumah kurir akan mengirimkan pesanan yang telah kita pesan sebelumnya.

Baca juga: 5 Startup yang Terpaksa Bangkrut Selama Pandemi

Dalam beberapa tahun belakangan di Indonesia sudah banyak terdapat platform online yang telah memberikan dampak positif kepada masyarakat. Hal inipun menjadi salah satu faktor pendukung dari industri ekonomi digital Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Tokopedia, Shopee dan Lazada.

Ecommerce ini tentunya memiliki strategi agar dapat terus mempertahankan eksistensi mereka dan juga menarik perhatian pembeli. Strategi yang digunakan untuk menarik perhatian pembeli yaitu :

Melakukan Pemasaran Dengan Tren

Hal-hal yang sedang viral dapat digunakan sebagai bentuk pemasaran karena akan memudahkan pelanggan mengingat platform online tersebut. Ini merupakan salah satu cara strategi pemasaran yang cukup efektif.

Menyediakan Banyak Promo Untuk Pelanggan

strategi ecommerce - awanapps.com
Ilustrasi discount

Menyediakan beberapa promosi juga menjadi salah satu strategi ecommerce yang efektif. Contohnya kita dapat memberikan promo Gratis Ongkos Kirim dengan minimal pembelian tertentu. Promo Gratis Ongkos Kirim diberikan dengan batas pembelian tertentu. Meski nominalnya terlihat tidak terlalu besar bagi konsumen, promo Gratis Ongkos Kirim dapat menjadi daya tarik yang memikat untuk pelanggan.

Baca juga: Dampak Pandemi Covid Terhadap E-commerce

Strategi Ecommerce, Memiliki Brand Ambassador

Brand Ambassador menjadi strategi marketing ecommerce yang baik. Brand Ambassador dapat memikat dan mempengaruhi banyak orang dalam memakai suatu produk. Contohnya Brand Ambassador yang dipilih Tokopedia adalah BTS dan Blackpink, dan Brand Ambassador yang dipilih Shopee adalah GOT7 dan StrayKids. Pemilihan Brand Ambassador ini juga tentunya mengikuti tren yang sedang hype dikalangan remaja yaitu tren Korea Selatan. Dengan ini pelanggan akan sering berkunjung untuk berbelanja kebutuhan mereka.

Event

Salah satu event yang cukup viral belakangan ini dan dapat memikat pelanggan adalah Harbolnas (Hari Beli Online Nasional). Dimana platform online berlomba-lomba memberikan promo saat event tersebut, seperti cashback, flash sale, dan diskon. Dengan ini pelanggan juga akan sering berkunjung untuk berbelanja kebutuhan-kebutuhan mereka.

Strategi Ecommerce Terhadap Target Pasar 

Strategi selanjutnya adalah memiliki target pasar yang jelas. Prioritas platform online mayoritas adalah perempuan. Hal ini karena pengguna e-commerce di Indonesia didominasi oleh perempuan, terutama perempuan usia muda. Oleh sebab itu, e-commerce di Indonesia berfokus kepada kebutuhan-kebutuhan perempuan, seperti produk kecantikan dan fashion perempuan. Dibanding memiliki target pasar yang luas tapi tidak memiliki kejelasan, maka akan lebih baik jika target pasar dibuat lebih terfokus


Itulah beberapa strategi yang diterapkan ecommerce dalam memikat pelanggan dan juga mencari profit di dunia bisnis online atau bisnis digital. Walaupun dengan keadaan pandemi seperti sekarang, dengan strategi yang sudah dijelaskan diatas, ekonomi digital dapat tetap eksis dan juga memberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Semoga dengan strategi yang diterapkan platform online diatas dapat membantu kamu untuk terus mengembangkan bidang usaha kamu di era digital.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments