Naik Level! Inilah Daftar Chrome Extension untuk ChatGPT!

Ilustrasi Chrome Extension untuk ChatGPT. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Viralnya kehadiran ChatGPT membuatnya tak kunjung usai dibahas di berbagai belahan dunia. Apalagi, kini cara penggunaan ChatGPT semakin naik level dengan adanya Chrome Extension alias Ekstensi Chrome.

Saat mengunjungi Chrome Web Store, kamu akan menjumpai lebih dari seratus macam extension dengan embel-embel chatGPT. Dengan extension ini, pengalaman saat menggunakan ChatGPT jadi semakin meningkat.

Selain menambah fitur, Chrome Extension khusus untuk ChatGPT ini mampu menyajikan berbagai macam cara dalam mengakses chatbot AI besutan OpenAi ini. Tanpa berlama-lama. Mari simak daftar Chrome extension yang bisa kamu coba!

Baca juga: Hati-hati! GPT Zero Bisa Mendeteksi Tulisan Hasil ChatGPT!

WebChatGPT

Tahukah kamu kalau ChatGPT ini hanya dapat menampilkan informasi yang berasal dari tahun 2021? Adanya keterbatasan ini membuat informasi yang tersaji menjadi kurang akurat. 

Untuk mengatasi keterbatasan ChatGPT ini, WebChatGPT mampu memberikan data dan informasi terbaru berdasarkan pencarian web. Dengan bantuan extension ini, chatbot akan menampilkan kompilasi informasi yang dikumpulkan berdasarkan tautan situs yang dianggap relevan dengan instruksi.

ChatGPT for Google

Saat menggunakan ChatGPT, kamu perlu membuka tab baru untuk bisa mengaksesnya. Namun, ada saat ketika kamu harus mengakses tab lain untuk membuka Google sehingga rasanya terlalu repot untuk berpindah-pindah tab.

Oleh karena itu, extension ChatGPT for Google ini bisa memungkinkanmu untuk membuka Google dan ChatGPT secara bersamaan tanpa berpindah tab. Extension ini bekerja sesuai dengan query yang kamu ketikkan di kolom pencarian Google.

Misalnya, kamu ketik “bagaimana katak bernafas” di kolom pencarian Google dan enter untuk menampilkan hasil. Nantinya, ChatGPT akan menampilkan hasil dengan kata kunci yang sama seperti yang kamu ketik di Google.

Tentu extension ini sangat bermamfaat sehingga kamu dapat menanyakan pertanyaan yang sama dengan dua hasil yang berbeda!

ChatGPT Writer

Selanjutnya, ada pula ChatGPT Writer yang membantumu untuk menulis atau membalas pesan. Extension ini sangat berguna ketika kamu hendak merespon email dari atasan atau client dengan bahasa yang terstruktur.

Nantinya, kamu akan diminta untuk memberikan petunjuk singkat mengenai hal apa yang ingin kamu tuliskan untuk merespon pesan tersebut. Setelah menyebutkan poin-poinnya, ChatGPT Writer akan menampilkan teks yang sesuai dengan permintaanmu.

YouTube Summary with ChatGPT

Pernahkah kamu terpikir kalau ChatGPT juga bisa membuat ringkasan/summary dari video YouTube? Dengan Extension Chrome bernama YouTube Summary with ChatGPT, merangkum video dengan durasi sepanjang apapun tentu bisa!

Saat extension ini terpasang, kotak ringkasan akan segera muncul di samping video yang sedang kamu putar. Klik pada kotak tersebut untuk membuka transkripsi. Namun, bukan inilah yang menjadi hasil akhir rangkuman dari video tersebut.

Untuk meringkas transkripsi video, kamu harus klik ChatGPT untuk mengaktifkan fungsi “View AI Summary”. Ketika kamu klik ikon ini, nantinya tab ChatGPT akan terbuka dan extension akan memindai transkripsi video untuk diringkas.

Setelah hasil ringkasan selesai dibuat, kamu bisa melakukan apapun seperti menerjemahkannya ke dalam bahasa asing, hingga memangkas ringkasannya menjadi jumlah kata tertentu. Selain itu, kamu pun juga bisa membuat topik berdasarkan ringkasan tersebut guna membuat karya tulis yang baru.

FancyGPT

Walaupun canggih, ChatGPT memiliki tampilan yang monoton dengan warna monokromnya. Jika kamu ingin mengubah tampilannya menjadi lebih menarik, cobalah Extension Chrome bernama FancyGPT

Kamu dapat menambahkan elemen-elemen desain, seperti mengubahnya stylenya. Saat ini FancyGPT baru menyediakan style Neon dan Scketch. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan judul, membuang bagian percakapan yang tidak diinginkan, hingga mengekspor percakapan je dalam format gambar maupun PDF.


Itulah daftar chrome extension khusus untuk ChatGPT yang semakin memudahkan pekerjaanmu. Dari daftar di atas, manakah extension yang menarik untuk dicoba? Atau mungkin kamu sudah mencoba salah satunya? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar!

Baca juga: Cara Menambahkan Ekstensi Chrome, Jadi Makin Produktif!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments