Mengapa Google Chrome Lemot? Begini Alasannya!

Ilustrasi alasan mengapa Google Chrome lemot. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Apakah Google Chrome di laptop atau komputermu sering lemot? Walaupun banyak digunakan oleh orang-orang, namun bukan berarti browser ini luput dari masalah.

Tak jarang browser sejuta umat ini lamban ketika digunakan. Tentu peristiwa ini membuat pengguna geregetan karena tidak bisa berselancar di internet dengan lancar. Apalagi, tiba-tiba hal ini terjadi ketika sedang terburu-buru mencari informasi di berbagai situs.

Perlu diketahui, ada beberapa penyebab mengapa Google Chrome sering lemot. Dengan mengetahui alasannya, kamu bisa segera mengatasi permasalahan yang disebabkan oleh hal-hal berikut ini. Apa sajakah itu? Simak informasinya di bawah ini.

Baca juga: Tingkatkan Kecepatan PC dengan Hapus Cache di Browser!

Koneksi Internet

Jika kamu merasa Google Chrome di perangkatmu tiba-tiba lemot, bisa jadi itu terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini merupakan faktor utama yang menyebabkan browser ini menjadi lamban.

Untuk memastikan apakah koneksi internet kamu bermasalah, periksa router sudah terpasang dengan tepat atau belum. Atau, bisa jadi koneksi internetmu memang sedang mengalami gangguan secara menyeluruh. Jika memungkinkan, hubungi customer service provider penyedia internet untuk memastikannya.

Tab dan Windows yang Dibuka Terlalu Banyak

Tanpa disadari, terlalu banyak tab dan windows yang dibuka menyebabkan Chrome menjadi lemot. Maka dari itu, perangkat bekerja begitu keras dan menyebabkan kinerjanya melamban.

Selain itu, perhatikan pula spesifikasi perangkat. Jika tidak mumpuni, perangkat akan bekerja lambat untuk memuat Google Chrome saat membuka banyak tab dan windows. Oleh karena itu, pastikan aktivitas yang diakses pada perangkatmu sesuai dengan kapasitas RAM bawaan.

Banyak Ekstensi Google Chrome yang Terpasang

Ekstensi pada Google Chrome mendukung dan memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai hal. Namun, memasang ekstensi telalu banyak juga menyebabkan Google Chrome menjadi lemot.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menghapus beberapa ekstensi yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi. Dengan demikian, kinerja Google Chrome akan kembali lancar tanpa ada kendala.

Google Chrome Masih Versi Lama

Terakhir, bisa jadi Google Chrome yang terpasang di perangkatmu masih versi lama. Maka dari itu, segeralah update ke versi terbaru dan pastikan untuk perbaharui secara berkala.

Cara ini bisa dilakukan agar Google Chrome tidak lemot lagi. Hal ini disebabkan karena versi terbaru akan memperbarui beberapa aspek untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat menjelajahi internet.


Itulah beberapa penyebab mengapa Google Chrome tiba-tiba lemot. Setelah mengetahui informasi di atas, semoga kamu bisa mengatasi permasalahan ini segera, ya! Semoga membantu!

Baca juga: Ubah HP Android Jadi Mouse Dengan Cara Ini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments