Makin Canggih, Plat Nomor Akan Dipasang Chip RFID

Ilustrasi plat nomor kendaraan berteknologi RFID. (Sumber: AutoFun)
Isi Tabel

Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan akan diganti menjadi berwarna dasar putih dan memiliki tulisan hitam. Rencananya pergantian ini akan dilakukan pada tahun 2022 ini. Proses pergantian ini juga akan dilakukan secara bertahap. Plat nomor kendaraan warna baru ini hanya berlaku untuk kendaraan pribadi, kendaraan badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional. Pergantian warna plat nomor kendaraan ini, bukan hanya untuk mengganti warnanya saja. Akan tetapi, juga ditanamkan sistem Radio Frequency Identification atau RFID ke dalam material plat nomor kendaraan warna baru. Pihak kepolisian mengklaim, bahwa dengan menggunakan RFID akan menyulitkan pelaku pemalsuan plat nomor kendaraan di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Fungsi Chipset & Berbagai Jenisnya di Smartphone

Apa Itu RFID?

Apa Itu RFID? - SISCA.

Ilustrasi RFID

RFID merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan pengambilan data dengan menggunakan barcode atau magnetic card. Metode identifikasi ini sendiri menggunakan sarana yang disebut label RFID. Label ini berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data melalui jarak jauh. Menariknya, RFID ini juga bisa disematkan ke hewan maupun manusia.

RFID tag adalah alat yang menempel pada benda atau makhluk hidup yang diidentifikasi oleh RFID reader. Alat ini sendiri terdiri dari dua jenis, yakni pasif dan aktif. Tag RFID pasif bisa digunakan tanpa perlu memakai baterai, sedangkan jenis aktif akan memerlukan baterai agar bisa beroperasi. Kemudian, data yang tersimpan pada tag RFID tersebut bisa dibaca dengan menggunakan RFID reader.

RFID reader merupakan alat yang mampu membaca RFID tag. Seperti RFID tag, alat pembaca ini juga terdiri dari 2 jenis, yaitu pasif dan aktif. Untuk RFID reader pasif ini sendiri bisa menjangkau hingga 600 meter. Sementara itu, reader pasif hanya mampu menerima sinyal radio dari tag aktif.

Apa Saja Keunggulannya?

Pengimplementasian RFID dalam Perkembangan Teknologi

Teknologi RFID yang makin canggih

Teknologi RFID ini banyak diminati dan digunakan karena beberapa keunggulan yang dimiliki. Label atau tag dapat terbaca, jika melewati pembaca kabel walaupun tertutup oleh objek lain. Selain itu, kehebatan dari label ini juga terletak pada sistem yang bisa membaca ratusan data pada waktu yang sama. Gimana keren, bukan?

Sebelum digunakan pada plat nomor kendaraan, RFID sudah banyak digunakan di supermarket sebagai alat identifikasi barang dan di mobil untuk identifikasi penggunaan BBM bersubsidi. Kemudian, teknologi ini juga diterapkan untuk pembayaran toll tanpa kontak langsung dan digunakan untuk pelacakan bagasi di bandara.


Itulah informasi mengenai RFID yang direncanakan akan digunakan untuk plat nomor kendaraan baru di tahun 2022 ini. Gimana kalian sudah siap menggunakan plat nomor kendaraan yang makin canggih dengan teknologi RFID ini?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments