Jadi Kota dengan Internet Tercepat, Bekasi Kalahkan Jakarta!

Ilustrasi Bekasi Kalahkan Jakarta jadi kota dengan internet tercepat di RI. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis Speedtest Global Index, Bekasi masuk ke dalam daftar kota dengan internet paling cepat di dunia untuk September 2022. Laporan ini berisi hasil pengukuran kecepatan internet dan kecepatan internet kabel di ratusan kota di seluruh dunia.

Dilaporkan ada dua kota di Indonesia yang masuk ke dalam indeks tersebut, yaitu Jakarta dan Bekasi. Namun, kedudukan Jakarta berada di bawah Bekasi. Hal ini sangat mengejutkan karna artinya Bekasi jadi kota dengan internet tercepat di Indonesia!

Dalam laporan Ookla, Bekasi berhasil menempati peringkat ke-134. Sementara itu, Jakarta menempati posisi ke-136. Ini merupakan pencapaian yang cukup signifikan. Padahal, sebelumnya kedudukan Bekasi berada tepat di bawah Jakarta. 

Baca juga: Negara-negara dengan Internet 5G Tercepat di Dunia!

Bukti Bekasi Jadi Kota dengan Internet Tercepat di RI

Hasil pengujian Speedtest menunjukan, kecepatan unduh internet mobile Bekasi pada September 2022 mencapai 16,47 Mbps. Angka ini menunjukkan bahwa kecepatan internet Bekasi lebih unggul dibanding Jakarta yang mencapai 16,14 Mbps.

Selain itu, kecepatan internet saat mengunduh di Bekasi juga lebih cepat dibanding Jakarta. Kecepatan unduh Bekasi mencapai 11,64 Mbps, sedangkan Jakarta 10,90 Mpbs.

Tak hanya itu saja! Bekasi juga berhasil mengungguli Jakarta dalam kecepatan internet kabel per September 2022. Berdasarkan laporan Ookla, Bekasi berada di peringkat ke-136 dari total 193 kota di seluruh dunia yang diuji. Posisi ini tercatat telah naik dua peringkat dibanding Agustus lalu yang berada di 138.

Daftar Kota Lainnya

Sementara itu, Shanghai (China) menduduki urutan pertama sebagai kota dengan internet mobile paling cepat di dunia yang mencapai 158,63 Mbps. Disusul Copenhagen di peringkat dua, salah satu kota yang ada di Denmark mampu mencapai kecepatan internet 157,54 Mbps. Lalu, Oslo (Norway) menempati urutan ke-3 dengan kecepatan 145,76 Mbps.

Untuk kategori Fixed Broadband, Beijing (China) menempati kedudukan pertama yang tercepat di dunia. Peringkat selanjutnya diduduki oleh kota Valparaiso (Chile), Shanghai (China), New York (USA) dan Bangkok (Thailand).


Itulah informasi berdasarkan laporan SpeedTest yang menunjuk Bekasi sebagai kota dengan internet tercepat se-Indonesia. Mengalahkan Jakarta, masyarakat Bekasi patut bangga dengan pencapaian ini!

Baca juga: Rekomendasi 3 Penyedia Layanan Internet di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments