Inilah Fitur Terbaru Zoom: Bisa Kirim Email dan Buat Jadwal!

Ilustrasi fitur terbaru Zoom. (Sumber: Unsplah)
Isi Tabel

Baru saja Zoom telah resmi mengumumkan peluncuran fitur terbaru, yaitu Zoom Mail and Calendar Clients. Pada acara Zoomtopia 2022, Odad Gal selaku Chief Product Officer Zoom mengumumkan fitur ini akan rilis 2023 mendatang.

“Produk-produk baru ini bekerja sama dengan penawaran komunikasi dan kolaborasi yang sudah tersedia dalam Zoom Meetings, Phone, Whiteboard, dan Team Chat,” ujar Odad Gal melalui pengumuman resminya yang dibagikan di Twitter.

Natinya, fitur Zoom Mail and Calendar ini akan dirilis dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Kedua pengguna fitur ini dapat terhubung dengan layanan email dan kalender dari pihak ketiga, seperti Gmail dan lainnya. Fitur ini bisa dinikmati dengan mengaksesnya menggunakan aplikasi desktop Zoom.

Selain itu, Zoom memberi bocoran bahwa Zoom Mail and Calendar akan hadir dalam dua versi, yaitu Zoom Mail and Calendar Clients dan Fitur di Zoom Mail and Calendar Service. Keduanya memiliki fitur dan layanan yang berbeda.

Baca juga: Mau Record Video Zoom Meeting? Ikuti Caranya Berikut Ini!

Zoom Mail and Calendar Client

Dengan fitur ini, pengguna Zoom bisa mengakses akun email mereka dari layanan email pihak ketiga seperti Gmail dan Microsoft Outlook. Nantinya, pengguna bisa mengoperasikannya langsung dari aplikasi desktop Zoom. 

Fitur versi ini memiliki tampilan yang mirip seperti layanan email pada umumnya. Pengguna bisa menemukan menu create, inbox, star, draft, sent, trash, archive, spam, dan lainnya di Zoom Mail Client. Selain itu, pengguna juga bisa menandai email tertentu yang mungkin dianggap sebagai pesan penting.

Zoom Mail and Calendar Service

Untuk menikmati fitur versi ini, pengguna diharuskan untuk berlangganan paket berbayar. Jika ingin membuat akun email yang langsung dihosting oleh zoom, pengguna minimal harus membeli paket Zoom One Pro atau Zoom Standar Pro.

Ada pula paket Zoom One Business yang mempunyai layanan lebih tinggi. Paket berbayar Zoom ini memungkinkan pengguna untuk atur sendiri domainnya.

Menurut Eric Yuan selaku CEO Zoom, fitur Zoom Mail Service nantinya akan seperti platform pribadi yang berisi sekelompok kecil orang yang saling bertukar email. Kehadiran fitur ini diharapkan akan membantu mengurangi email dan sampah yang tidak diinginkan secara signifikan.

Untuk saat ini, Zoom Mail and Calendar Service ini akan hadir di Amerika Serikat dan Kanada. 


Itulah informasi mengenai fitur terbaru Zoom yang memungkinkan pengguna bisa kirim email dan buat jadwal di kalender. Kehadiran keduanya membuat Zoom digadang-gadang ingin menyaingi Microsoft dan Google. Benarkah itu? Mari tunggu perkembangan Zoom selanjutnya!

Baca juga: Zoom Fatigue, Kelelahan Akibat Sering Virtual Meeting

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments