Ingin Bekerja di Startup? Ini 4 Sikap Yang Harus Dimiliki!

Ilustrasi karyawan starup. (sumber: Pixabay)
Isi Tabel

Di era yang serba digital sekarang ini, bekerja di perusahaan startup merupakan impian dari para anak muda jaman sekarang loh. Jadi nggak heran nih, karena perusahaan startup memang memiliki daya tarik tersendiri.

Kenapa sih kok banyak yang tertarik? Padahal kan startup merupakan perusahaan rintisan yang masih dalam tahap berkembang. Eits, jangan salah, walau begitu startup bisa memberikan banyak manfaat nih untuk para karyawannya.

Salah satunya adalah memberi kesempatan kepada para karyawannya untuk lebih berkontribusi terhadap perusahaan. Sebab itu, para karyawannya pun turut memiliki rasa kepemilikan dan hasil kerja mereka pun lebih dihargai.

Dunia startup dinilai memiliki lingkungan yang ideal loh untuk menggali potensi dan menambah ilmu kamu. Dengan bergabung di startup, kamu akan belajar hal-hal baru nih. Misalnya, merancang dan melaksanakan suatu strategi, menetapkan tujuan, membagi waktu, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut akan memperkaya ilmu, pengalaman, ketrampilan, serta memperluas koneksi yang bisa kamu jadikan bekal untuk masa depan. Jadi, bekerja di perusahaan startup memiliki nilai plus nih.

Gimana nih tertarik kan? Nah, untuk bisa bekerja di perusahaan startup juga nggak gampang loh. Ada 4 hal yang harus dimiliki agar kamu bisa dilirik oleh kantor tersebut, sebagai berikut:

Baca juga: Ingin Tampil Chic? Buka Saja Fashion Marketplace Ini!

Memiliki Banyak Ide

Bila masuk ke dalam dunia startup, maka kamu perlu terbiasa berpikir kreatif. Sebab, dalam perusahaan tersebut identik akan kreativitas yang tinggi. Jadi, pihak kantor pun pasti mencari seorang karyawan yang memiliki sikap tersebut.

Apalagi di jaman sekarang ini, banyak perusahaan startup yang bermunculan. Pastinya, karyawannya pun juga akan lebih dituntut untuk lebih kreatif. Hal ini ditujukan supaya tidak kalah saing dengan perusahaan startup lainnya.

Alhasil, ide menjadi poin penting karena perusahaan rintisan itu perlu pemikiran kreatif untuk mengembangkan usahanya. Jadi, nggak perlu takut untuk menyampaikan gagasan brilian kamu di perusahaan ini. Soalnya, ide kamu pasti akan diapresiasi oleh seluruh rekan kerja.

Berdedikasi Tinggi

Jumlah karyawan di perusahaan rintisan ini tidak sebanyak di kantor besar lainnya. Seleksi penerimaannya pun cukup selektif, sebab yang dapat bekerja hanya mereka yang berdedikasi tinggi. Eits jangan salah, jumlah pegawainya sedikit ini karena perusahaan ingin memberikan kesejahteraan dan lingkungan yang nyaman.

Disini, kamu tidak hanya akan disuruh menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik saja. Namun, kamu juga harus mencintai pekerjaan yang sedang dilakukan. Sebab, perusahaan startup itu selalu percaya akan hati dan kerja. Jika melakukan pekerjaan yang diintai, maka hasil kerjanya pun akan lebih bagus. Dengan kinerja yang maksimal itu, kamu akan memberikan dampak positif juga kepada perusahaan.

Dapat beradaptasi dengan baik

Dalam dunia stratup, biasanya belum memiliki sistem dan kultur yang tetap. Sebab itu, perubahan seringkali terjadi sehingga para calon karyawan diharapkan bisa beradaptasi.

Perusahaan startup pasti akan dibagi ke dalam beberapa divisi. Setiap divisinya akan dituntut untuk saling berkolaborasi dan bekerja sama. Hal ini karena kantor tersebut memiliki lingkungan yang kental akan rasa kekeluargaannya.

Jadi, jangan heran kalau startup mengincar seseorang yang bisa beradaptasi dengan baik. Sikap ini dibutuhkan agar kerja sama bisa berjalan dengan baik dan lingkungan kekeluargaannya tetap terjaga.

Suka Tantangan

Tahu nggak sih, kalau bekerja di perusahaan rintisan terkenal sangat menantang loh. Eits, tapi menantang dalam konotasi yang positif ya tentunya. Pernyataan itu pun muncul karena perusahaan tersebut memang sering memberikan tantangan kepada para karyawannya. Tujuannya untuk menggali lebih dalam kemampuan yang dimiliki oleh para karyawannya.

Terkadang, karyawan juga dimintai terobosan yang bisa dibilang gila loh untuk bantu mengembangkan perusahaan. Sebab itu, mereka diminta berpikir sesuatu agar memunculkan inovasi yang tidak terbayangkan. Hal ini agar kantor tidak kalah dengan perushaan stratup yang lainnya. Jadi itulah alasan mengapa perusahaan startup, lebih tertarik terhadap pribadi seseorang yang menyukai tantangan.


Dari keempat keterampilan diatas, apakah kamu mempunyai semuanya? Jika belum punya keterampilan seperti diatas, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa mempelajari dan mendalami keterampilan diatas supaya kamu bisa bekerja di perusahaan startup yang kamu inginkan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments