Indosat dan Tri Resmi Merger, Dampak Positif atau Negatif?

Ilustrasi merger Indosat dan Tri. (sumber: Kompas.com)
Isi Tabel

Dua perusahaan operator seluler raksasa di Indonesia, yaitu PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri melakukan merger bisnis. Keduanya resmi bersatu sejak 16 September lalu. Keputusan ini diambil setelah menjalani 3 kali proses negosiasi yang panjang.

Hasil merger kedua perusahaan ini menghasilkan nama perusahaan baru yaitu PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk. Lewat merger ini, perusahaan tersebut menjadi operator seluler terbesar kedua di Indonesia. Sebab, Telkomsel yang menurut data tahun 2020 memimpin dengan total pelanggan 170 juta. 

Indosat sendiri sebelumnya berada di peringkat kedua dengan total pelanggan 60,3 juta. Kemudian, Tri berada di peringkat keempat dengan total pelanggan 36 juta. Tak main-main, nilai valuasi merger kedua perusahaan ini mencapai 85 triliun rupiah.

Tujuan dari merger ini adalah pelayanan kepada pelanggan serta mempercepat transformasi digital di Indonesia. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang.

“Pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari perluasan jangkauan jaringan setelah proses penggabungan dan integrasi aset jaringan yang saling melengkapi dari kedua perusahaan selesai. Pelanggan akan menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi,” ujarnya, Senin (20/09).

Kira-kira, apakah dari keputusan merger kedua perusahaan tersebut akan memberikan dampak seperti apa bagi semua pihak? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: Nonton Film Indonesia Ekslusif, Lewat Layanan Streaming Ini!

Bagi Pelanggan Indosat dan Tri

Seperti yang dijelaskan oleh Senior Vice President Indosat Ooredoo, Steve Saerang bahwa merger kedua perusahaan ini memprioritaskan pelanggan. Dimana sebagai langkahnya akan memperluas jaringan internet untuk memperkuat kecepatan jaringan. Jadi, efisiensi dan tingkat kepuasan pelanggan juga meningkat.

Bagi Karyawan

Menurut Vikram yang merupakan nominasi CEO bagi PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk, menyatakan bahwa karyawan baik dari perusahaan Indosat maupun Tri tetap dibutuhkan. Namun, untuk proses integrasinya sendiri akan dilakukan secara objektif dan dengan hukum yang berlaku. Hal tersebut terlepas dari isu-isu yang menyebutkan bahwa adanya ketidaksetujuan sejumlah karyawan terhadap merger ini.

Bagi Harga

Bagi harga sendiri belum dibahas secara lanjut dan dianggap masih terlalu awal untuk ditentukan. Akan tetapi, seiring proses integrasi mungkin dalam beberapa bulan kedepan kita bisa mendapatkan informasi terkait perkembangan harga. Kemudian, pihak-pihak tersebut menjamin, bahwa harga akan segera diumumkan ke publik setelah menemukan kesepakatan.

Bagi Pemegang Saham Indosat dan Tri

Selain memprioritaskan pelanggan dan mempercepat transformasi digital di Indonesia, merger kedua perusahaan ini juga meningkatkan daya saing lebih kuat, kompetitif, dan memperkuat bisnis baik didalam maupun luar negri. 

PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk juga memanfaatkan operasi multinasional Ooredoo Group dan CK Hutchison yang tersebar di pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Pasifik dalam memikat pasar internasional. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dari pemegang saham perusahaan.


Jika semuanya berjalan sesuai rencana maka kesepakatan akhir dari merger ini akan selesai pada akhir tahun 2021. Nah, bagaimana menurut kalian dengan merger kedua perusahaan ini? Apakah kalian penasaran dan tertarik untuk menggunakan produknya kelak ketika merger ini berhasil?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments