Hati-hati! Inilah Cara Menghindari Pinjol Ilegal!

Ilustrasi cara menghindari pinjol ilegal. (SUmber: iStock)
Isi Tabel

Jika takut akan jeratan pinjaman online (pinjol) ilegal, kamu wajib mengetahui cara menghindarinya! Walaupun pemerintah sudah gencar memberantas pinjaman online ilegal, tetap saja jumlah yang beredar masih saja tak bisa terhitung jari.

Pasalnya, perusahaan pinjol ilegal ini melakukan regenerasi dengan nama baru sehingga seperti mati satu tumbuh seribu. Tentu saja, kehadiran pinjol ilegal yang menjamur ini sangat membahayakan masyarakat karena memakan banyak korban.

Masih banyaknya korban yang terjerat oleh pinjol ilegal karena mereka tergiur oleh promosinya yang disebarkan melalui SMS dan WhatsApp. Maka dari itu, kamu harus tahu cara menghindari pinjol ilegal berikut ini!

Baca juga: Ingin Hidup Tenang? Hindari Segala Bentuk Pinjol Ilegal!

Abaikan Iklan Pinjol

Seperti yang telah disebutkan, iklan pinjol seringkali menjadi pancingan yang ampuh untuk menarik perhatian masyarakat. Biasanya iklan atau promosi ini disebarkan melalui SMS atau pesan WhatsApp secara acak.

Di sinilah langkah awal perusahaan pinjol ilegal mencari calon nasabah. Apabila kamu mendapatkan pesan seperti itu, lebih baik segera blokir nomor tersebut. Jika perlu, laporkan nomor tersebut ke pihak berwenang.

Awas Logo OJK Palsu!

Jangan pernah terkecoh dengan adanya logo Otoritas Jasa Keungan (OJK)! Memang logo tersebut terdapat di aplikasi, namun kamu harus cek pinjol tersebut terlebih dahulu di situs OJK. Jika tidak terdaftar, sudah pasti aplikasi pinjaman online tersebut ilegal!

Periksa Rekam Jejak Digital untuk menghindari pinjol

Perusahaan pinjol resmi pasti sudah mempunyai identitas yang jelas, termasuk alamat kantor. Jika tidak jelas, kamu patut untuk mencurigai perusahaan tersebut. Periksa pula rekam digitalnya melalui ulasan yang ada di internet untuk mengetahui keabsahan layanannya.

Perhatikan S&K yang Berlaku

Kamu juga harus memastikan aplikasi pinjaman online yang akan kamu gunakan sudah mempunyai syarat dan ketentuan yang jelas dan transparan. Pinjol ilegal tidak memiliki syarat dan ketentuan yang jelas, apalagi menyangkut informasi mengenai bunga pinjaman dan denda.

Jika kamu tidak melakukan hal ini, hati-hati pihak pinjol ilegal akan memerasmu secara tidak langsung! Hal ini terjadi karena ada beberapa syarat dan ketentuan yang tidak diberitahukan kepada pihak nasabah secara lugas dan terbuka, sehingga itu bisa menjadi senjata bagi pihak pinjol ilegal untuk menyerang mereka.


Itulah cara menghindari pinjol ilegal yang perlu kamu waspadai. Jangan sampai kamu terjerat oleh iming-imingnya dan berakhir menjadi korban. Selain bisa terlilit bunga dan denda yang tak masuk akal, identitas pribadimu juga jadi terancam keamanannya, lho! Menyeramkan sekali, bukan?

Baca juga: Pinjol Bunga Rendah ini Sudah Resmi OJK!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments