Catat! 5 Kesalahan Pengisian Daya Baterai Ponsel

Ilustrasi kesalahan pengisian daya baterai ponsel. (Sumber: iStock)
Isi Tabel

Menjaga kesehatan baterai ponsel wajib dilakukan karena baterai merupakan salah satu komponen yang paling penting. Maka dari itu, perlu diketahui bahwa adanya kesalahan pengisian daya yang akan membuat baterai ponsel cepat rusak.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang dapat merusak performa baterai. Salah satu penyebab kerusakan yang sering terjadi adalah kebiasaan mengisi daya baterai yang tidak tepat.  

Misalnya saja, tak jarang orang yang menggunakan atau memainkan smartphone saat sedang mengisi daya. Akibatnya, suhu perangkat akan menjadi lebih panas dari biasanya dan ponsel berpotensi meledak. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang akan mempengaruhi kesehatan baterai. Berikut adalah pembahasannya!

Baca juga: 3 Smartwatch dengan Daya Tahan Baterai Terlama

Adapter dan Kabel Charger Tidak Orisinil

Salah satu penyebab baterai ponsel rusak adalah tidak menggunakan adapter dan kabel charger yang orisinil. Hal ini karena penggunaan adapter dan kabel yang abal-abal dapat merusak komponen baterai.

Selain soal adapter dan kabel, sebaiknya pengguna juga bisa membeli aksesoris di gerai terpercaya. Jadi, kualitas dan kompatibel aksesoris dengan perangkat kamu tidak perlu diragukan lagi.

Kebiasaan Charge Ponsel Ketika Mati Total

Siapa di sini yang sering mengisi baterai ponsel dalam kondisi mati total? Nah, ternyata kondisi seperti itu dapat berdampak pada kesehatan baterai ponsel.

Ketika ponsel berada di titik daya terendah (< 20 persen), perangkat akan mengalami error atau kinerjanya menjadi lelet. Apabila kebiasaan seperti ini diteruskan, dapat menyebabkan kerusakan internal pada perangkat. 

Kesalahan Pengisian Daya Baterai: Charge Ponsel Hingga 100 Persen

Selain membiarkan daya habis total, kebiasaan mengisi daya hingga penuh juga dapat berpotensi merusak baterai. Sebaiknya, kamu segera mencabut charger saat daya sudah terisi hingga 98 persen.

Bila kamu sering mengisi daya baterai hingga 100 persen, maka akan mempengaruhi usia baterai ponsel. Hal ini karena setiap baterai memiliki kuota siklus pengisi daya penuh. Umumnya, pengisian daya penuh yang dianjurkan hanya satu sekali dalam sebulan.

Kesalahan Pengisian Daya Baterai: Membiarkan Suhu Ponsel Panas

Ilustrasi suhu ponsel panas

Apabila kondisi smartphone mulai panas saat digunakan, maka segera lah untuk mengistirahatkannya. Sebab, membiarkan ponsel dalam kondisi suhu tinggi dapat membuat kapasitas baterai cepat berkurang saat berada di suhu normal.

Adapter Dibiarkan Tertancap di Stopkontak

Smartphone masa kini mampu menghentikan pengisian daya saat baterai telah terisi penuh (0-100 persen). Akan tetapi, hal tersebut tidak menunjukkan kabel pengisi daya juga berhenti menghantarkan listrik. 

Oleh sebab itu, kamu perlu segera mencabut adaptor dari stopkontak untuk menghentikan aliran listrik. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan dari kabel dan adaptor pengisi daya.


Dengan mengetahui adanya kesahalan pengisian daya baterai yang benar, kesehatan baterai ponsel kamu akan terjaga. Sebab, kesalahan saat charge ponsel tak hanya mengakibatkan baterai cepat habis. Akan tetapi, kesalahan tersebut juga dapat merusak perangkat kamu.

Baca juga: Baterai HP Cepat Habis? Simak Penyebabnya Berikut Ini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments