Catat! 3 Jurusan Kuliah Paling Unik di Indonesia

Ilustrasi mahasiswa jurusan kuliah yang unik. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Ketika akan memasuki dunia perkuliahan, kamu dihadapkan dengan berbagai pilihan jurusan. Sebagian orang mungkin memilih program studi yang mainstream atau biasa agar mudah mencari pekerjaan setelah lulus. Terkadang juga pilihan mainstream tersebut tak sesuai dengan passionmu. 

Jika punya passion terhadap jurusan di bawah ini, kamu bisa pertimbangkan untuk masuk ke dunia perkuliahan. Apalagi hanya ada satu kampus yang menyediakan jurusan-jurusan kuliah yang unik! Jadi, kamu cukup pilih jurusan apa, tanpa memikirkan di kampus yang mana.

Baca juga: 4 Jurusan Saintek yang Jarang Ditemukan di Indonesia

Teknik Transportasi Laut

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Transportasi Laut. Bagi kamu yang berminat dengan pelayaran, pelabuhan, maupun logistik di dunia kelautan, jurusan ini cocok untuk dipertimbangkan.

Di sini kamu akan mempelajari tentang perencanaan dan analisa angkutan laut, multimoda, kegiatan dan infrastruktur pelabuhan, maupun desain konseptual kapal yang berorientasi internasional. 

Jadi, menarik bukan jurusan ini? Apalagi Indonesia terkenal sebagai negara maritim terbesar, sehingga transportasi laut memiliki peran vital bagi pembangunan nasional.

Teknologi Batik

Bicara soal batik pasti melekat sekali dengan Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Nah, jurusan unik tersebut berada di Universitas Pekalongan (Unikal) sejak tahun 2011 lalu. Bagi kamu yang tertarik dengan industri batik, jurusan ini patut dipertimbangkan. Apalagi banyak orang luar negeri yang berminat dengan jurusan ini lho, misalnya orang Jepang dan Brunei Darussalam. 

Di jurusan ini kamu akan mendapat pengetahuan tentang sejarah dan filsafat, serta teknik pembuatan warisan budaya dunia tersebut cocok memilih jurusan Teknologi Batik. Nantinya, kamu dapat membuat batik secara mandiri dan menghasilkan motif yang lebih baik. Gimana menarik bukan Teknologi Batik?

Jurusan Rekayasa Nanoteknologi

Universitas Airlangga (Unair) menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Di sini kamu akan mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil. Kemudian, dimanipulasi agar bisa tercipta benda baru dengan karakteristik sesuai keinginan.

Menariknya, penerapan rekayasa nanoteknologi dapat memanipulasi suatu benda. Nah, kamu dapat membuat benda tersebut dengan karakter yang diinginkan. Misalnya, pakaian dengan serat khusus, kemudian dibuat agar pengguna merasa hangat sekalipun cuaca dingin. Jadi, gimana menarik bukan jurusan di kampus Unair ini? 


Itulah tiga jurusan kuliah anti mainstream di Indonesia. Apalagi jurusan-jurusan kuliah yang unik ini hanya ada satu di Tanah Air. Gimana? Tertarik untuk masuk ke salah satu jurusan unik ini?

Baca juga: Parafrase Online, Penyelamat Anak Kuliah Membuat Makalah!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments