Cara Melacak HP Hilang dengan Find My Device

Ilustrasi cara melacak Hp hilang dengan Find My Device. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Saat HP hilang, jangan panik dulu karena kamu harus mencari cara untuk melacak keberadaannya. Jika kamu pengguna Android, ada fitur “Find My Device” yang disematkan sebagai pelacak lokasi ponsel yang hilang. Fitur ini juga bermanfaat untuk keselamatan pengguna yang mengalami kecelakaan sehingga lokasinya dapat dilacak dengan mudah.

Mulanya, Find My Device pertama kali diperkenalkan oleh Google dengan nama “Android Device Manager” pada 2013 lalu. Hingga pada tahun 2017, fitur ini diperbaharui dan namanya berubah menjadi “Find My Device”.

Dengan kehadiran fitur ini, pengguna dimudahkan ketika HP miliknya terselip dan hilang di suatu tempat. Bahkan, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk melacak ponsel yang dicuri. Lantas, bagaimana cara melacak HP hilang dengan Find My Device? 

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat iMessage yang Terhapus

Syarat Wajib untuk Melacak HP Hilang

Sebelum mengetahui cara melacak HP hilang menggunakan Find My Device, kamu perlu perhatikan syarat wajib yang perlu diketahui.

Fitur Find My Device sendiri bekerja bersama dengan akun Google, perizinan akses lokasi, dan internet. Dengan demikian, perangkat pengguna dapat terdeteksi berdasarkan data yang Google simpan seperti lokasi, informasi perangkat, serta riwayat koneksi.

Nantinya, kamu bisa melakukan “ping” pada ponsel Android milikmu dan lokasi terakhir akan terdeteksi. Tentu ini bisa dilakukan menggunakan perangkat lain yang juga tersambung dengan internet.

Namun, ada beberapa syarat agar Find My Device dapat bekerja dengan baik. Berikut informasinya:

Ponsel harus dalam keadaan hidup

HP bisa dilacak jika dalam keadaan hidup atau menyala. Jika perangkat tidak aktif, sayangnya Google tidak dapat mendeteksi keberadaannya.

Memiliki akun Google yang sudah Login

Ponsel yang hilang pun juga harus sudah login akun Google. Hal ini dilakukan agar Google dapat menghubungi perangkat yang dicari dengan bantuan internet.

GPS harus aktif

Penting bagi pemilik HP untuk mengaktifkan GPS agar lokasinya bisa terlacak Google. Maka dari itu, pastikan GPS selalu aktif sebagai antisipasi.

Fitur Find My Device harus aktif

Biasanya, fitur Find My Device sudah aktif sejak awal pembelian ponsel. Namun, beberapa perangkat belum mengaktifkannya. Berikut adalah bagaimana cara mengaktifkan fitur Find My Device:

  1. Buka menu Settings
  2. Klik “Security” atau “Privacy”
  3. Lalu, pilih “Find My Device”
  4. Aktifkan dengan ketuk toggle ke arah “on”

Harus Ada Koneksi Internet

Jika tidak ada koneksi internet yang tersambung pada HP, otomatis Google tidak dapat melacak keberadaannya. Jadi, pastikan ponsel tersambung dengan WiFi atau setidaknya data seluler setiap saat.

Cara Melacak HP Hilang dengan Find My Device

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan di atas, saatnya kamu mengetahui cara melacak HP hilang dengan menggunakan Find My Device. Simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi tautan android.com/find lewat browser Find My Device. Atau, kamu pun bisa download aplikasinya melalui link ini.
  2. Setelah itu, silakan login akun yang sama seperti yang digunakan pada HP yang hilang.
  3. Selanjutnya, pilih merek dan tipe perangkat. Contohnya, “Samsung Galaxy A50”.
  4. Kemudian, HP yang hilang akan mendapatkan notifikasi mengenai perangkat lain yang melacak keberadaannya menggunakan Find My Device.
  5. Sementara itu, perangkat yang melacak akan melihat pin lokasi ponsel yang bisa di klik. Nantinya, kamu akan dialihkan ke Google Maps untuk mengetahui lokasi tepatnya.

Selain dapat melacak lokasi, Find My Device juga dilengkapi fitur tambahan lainnya untuk menemukan HP yang hilang. Berikut daftarnya:

  • Play Sound: digunakan untuk membuat ponsel yang hilang berdering selama 5 menit. Fitur ini sangat berguna untuk menemukan HP yang ternyata terselip di suatu tempat yang tak terlihat.
  • Secure Device: digunakan saat HP yang hilang ternyata dicuri. Dengan demikian, kamu bisa mengamankan dengan kunci perangkat dengan PIN, pola, atau sandi dari jarak jauh.
  • Erase Device: digunakan ketika sudah yakin jika ponsel sudah tidak dapat ditemukan. Dengan memilih fitur ini, seluruh data di dalam HP akan hilang secara permanen agar tidak dapat digunakan oleh sembarang orang.

____________________

Itulah bagaimana cara melacak HP yang hilang menggunakan Find My Device. Dengan demikian, kamu tak perlu khawatir jika ponselmu tidak dapat ditemukan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Baca juga: Cara Aktifkan Fitur Safety Check Facebook, Berguna Saat Bencana!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments