Cara Cek Sertifikat Vaksin Di SatuSehat, Mudah dan Cepat!

Cara Cek Sertifikat Vaksin Di SatuSehat. (Sumber: SatuSehat Mobile)
Isi Tabel

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi merubah aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi Satu Sehat Mobile pada Rabu (1/3/2023). Tak hanya nama, namun banyak fitur yang berubah termasuk cara cek sertifikat vaksin di SatuSehat Mobile.

Awalnya, PeduliLindungi dimanfaatkan untuk mengakses sertifikat vaksin digital yang dapat diakses melalui menu “Vaksin COVID-19” di halaman awal. Akan tetapi, cara cek sertifikat vaksin bukan lagi seperti itu.

Setelah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dicabut, SatuSehat Mobile dijadikan aplikasi terpadu yang tak hanya berfokus pada virus Covid-19 saja, namun juga informasi tentang kesehatan secara umum.

Lantas, bagaimana cara cek sertifikat vaksin di SatuSehat Mobile, si aplikasi pengganti PeduliLindungi? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Ganti Nama Jadi Satu Sehat Mobile!

Cara Cek Sertifikat Vaksin di SatuSehat Mobile

Proses update aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile. (Sumber: Tim AwanApps)
Proses update aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile. (Sumber: Tim AwanApps)

Perlu diingat, masyarakat harus memperbarui aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu sebelum mengetahui bagaimana cara cek sertifikat vaksin. Kunjungi Play Store atau App Store, kemudian klik ‘update’ atau ‘perbarui’.

Nantinya, aplikasi PeduliLindungi akan berubah tampilannya menjadi Satu Sehat dengan ikon yang mirip dengan logo Kemenkes. Setelah itu, buka aplikasi dan centang “Syarat Pengguna” untuk memberikan persetujuan akses aplikasi. 

Selanjutnya, login dengan memasukkan nomor ponsel atau alamat email yang telah terdaftar di PeduliLindungi. Setelah klik login, kamu akan menerima kode sebanyak enam digit untuk proses verifikasi sebelum masuk ke aplikasi SatuSehat.

Jika sudah berada di halaman awal aplikasi SatuSehat, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Satu Sehat, lalu klik fitur “Vaksin dan Imunisasi”.
  2. Selanjutnya, klik menu “Vaksin Dewasa”. Pada halaman selanjutnya, kamu bisa melihat sertifikat vaksin Covid-19 maupun non Covid-19.
  3. Di sebelah kiri atas, pilih menu profil atau nama pengguna.
  4. Kemudian, halaman aplikasi akan menampilkan riwayat sertifikat vaksin Covid-19.
  5. Untuk melihat sertifikat secara rinci, kamu hanya perlu klik sertifikat yang diinginkan.

Setelah sertifikat diklik, nantinya akan muncul kode QR yang menampilkan rincian informasi berupa jenis vaksin, tanggal, dan tempat pemberian vaksin. Selain itu, tertera pula identitas pengguna yang meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir.

Selain bisa diakses, sertifikat vaksin juga dapat diunduh agar tersimpan di perangkat. Caranya, hanya dengan klik “Unduh Sertifikat” di bagian bawah halaman. Setelah itu, dokumen akan tersimpan di perangkat dalam format JPEG.


Itulah bagaimana cara cek vaksin di Satu Sehat mobile, aplikasi pengganti PeduliLindungi. Bagi yang belum perbarui aplikasi, segeralah update agar kamu bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan secara umum hanya dalam satu genggaman!

Baca juga: 4 Aplikasi Diet Sehat, Bantu Turunkan Berat Badan!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments