Cara Atasi TV Digital yang Tidak Ada Sinyal Siaran

Ilustrasi cara atasi TV Digital tidak ada sinyal siaran. (Sumber: iStok)
Isi Tabel

Tepat pada 2 November 2022 lalu, seluruh masyarakat yang berada di area Analog Switch Off (ASO) tak bisa lagi menonton siaran TV analog. Sebagai gantinya, mereka hanya bisa menyaksikan tontonan melalui siaran TV Digital.

Untuk menonton siaran acara di televisi, kini kamu harus mempunyai perangkat TV digital yang mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation). Jika fitur ini sudah terpasang, perangkat televisi akan langsung menerima sinyal siaran TV digital yang menayangkan acara dari berbagai lembaga penyiaran.

Walaupun terdengar mudah, namun banyak kendala muncul yang membuat para masyarakat mengeluh. Bagaimana tidak? Tak sedikit dari mereka yang menjumpai TV digital yang tidak ada sinyal siaran, sehingga mereka tak bisa menonton TV.

Akhirnya, Marvels Situmorang selaku Direktur Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) angkat bicara. Dilansir dari laman Kompas, beliau mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Misalnya saja, pemasangan antena yang salah arah, kondisi perangkat TV yang tidak kompatibel, kesalahan dalam pemasangan kabel, atau jarak pemancar sinyal yang tidak menjangkau area tempat tinggal.

Oleh karena itu, AwanApps telah merangkum beberapa cara untuk atasi TV Digital yang tidak ada siaran sinyal. Mari simak informasinya berikut ini!

Baca juga: Begini Cara Ubah TV Analog ke TV Digital!

Pastikan TV Mendukung Fitur DVB-T2

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa televisi masa kini seperti TV LED atau Smart TV adalah TV digital. Namun, ada kekeliruan mengenai hal ini. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu televisi yang dimiliki mempunyai ciri-ciri dari sebuah TV digital.

Sebuah TV digital sudah pasti memiliki menu untuk memindai sinyal siaran digital (Digital Channel). Jika kamu tidak menemukan adanya menu tersebut, kemungkinan besar televisi milikmu bukanlah TV digital. Pantas saja siaran digital tidak ada sehingga keluarga di rumah tak bisa menyaksikan acara dari media penyiaran.

Jika benar televisi milikmu ternyata merupakan TV Analog, jalan satu-satunya adalah kamu harus mempunyai Set Top Box (STB) atau Digital TV Box. STB memiliki fitur TVB-T2 yang bisa menyulap TV analog jadi bisa menangkap sinyal siaran digital. 

Tak ada kriteria khusus untuk merk dan jenis televisi yang mendukung pemasangan STB ini. Akan tetapi, nampaknya televisi keluaran lama seperti TV tabung akan mengalami kendala saat memindai sinyal digital menggunakan perangkat tambahan STB.

Cek Posisi Kabel Antena

Selanjutnya, kamu perlu pastikan apakah posisi kabel antena sudah terpasang pada port atau colokan yang tersedia dengan benar. Jika TV digital tidak ada sinyal siaran, bisa jadi kamu salah pasang kabel antena.

Selain itu, adanya faktor kerusakan pada kabel antena mungkin saja bisa terjadi. Maka dari itu, cek kondisi kabel terlebih dahulu agar sinyal siaran digital dapat tertangkap dengan baik dan lancar.

Cek Jangkauan TV Digital di Wilayah Tempat Tinggal

Kemudian, jangan lupa juga untuk cek jangkauan sinyal TV digital di wilayah tempat tinggalmu. Hanya modal HP, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi SinyalTVDigital yang telah disediakan oleh Kominfo. Berikut adalah langkahnya:

  1. Unduh aplikasi SinyalTVDigital melalui App Store atau Play Store.
  2. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu lokasi pada ponselmu telah aktif.
  3. Buka aplikasi, kemudian klik ikon sinyal.
  4. Pilih salah satu stasiun TV.
  5. Lalu klik ‘See Mux Detail’. Nantinya, informasi lengkap terkait kekuatan sinyal, jenis layanan, frekuensi, dan lainnya akan ditampilkan.
  6. Pilih ikon galeri yang berada di kanan bawah.
  7. Selanjutnya, daftar lengkap konten siaran TV digital yang dapat diakses akan muncul.


Itulah cara atasi TV digital yang tidak ada sinyal siaran. Jika kamu juga mengalami hal tersebut, segera ikuti cara di atas. Dengan begitu, kamu dan keluarga akan tetap bisa menikmati berbagai acara yang tersedia di siaran TV digital. Selamat mencoba!

Baca juga: Rekomendasi Merek Smart TV dengan Performa Terbaik!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments