Bisa Bikin Status? Begini Cara Pakai Instagram Notes!

Ilustrasi fitur Instagram Notes. (Sumber: Meta)
Isi Tabel

Baru saja Instagram merilis banyak fitur terbarunya, salah satunya Notes. Fitur ini sedang ramai diperbincangkan karena pengguna jadi bisa pasang status layaknya WhatsApp. Ada pula yang menyamakannya dengan Twitter karena kini Instagram bisa jadi platform curhat dengan adanya fitur baru ini.

Tak seperti Stories,  fitur ini tidak akan muncul di feed. Notes akan muncul dalam bentuk bubbles di bagian DM Instagram selama 24 jam. Hanya followers yang diikuti atau teman-teman yang ada di daftar Close Friend saja yang bisa melihat Notes.

Menurut laman resmi Meta, Notes hadir untuk menciptakan cara baru untuk membagikan apa yang sedang dipikirkan pengguna kepada para pengikutnya. Pengguna dapat menulis curhatan singkatnya hingga 60 karakter. Sangat menarik, bukan?

Lantas, bagaimana cara pakai Instagram Notes? Jika ingin tahu lebih lanjut, cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Layar Penuh Layaknya TikTok

Cara Menggunakan Instagram Notes

Meta mengungkapkan, fitur Notes akan memudahkan pengguna untuk memulai interaksi dan percakapan baru dengan membagikan pikirannya. Dengan begitu, pengguna akan leluasa mengekspresikan dirinya sambil tetap menjaga hubungan dengan pengikutnya.

Mudah saja caranya untuk membagikan Notes di Instagram. Ikuti cara berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Lalu, buka menu Direct Messages di bagian atas layar.
  3. Akan terlihat foto foto profil kamu di bagian kiri, beserta orang lain yang sudah di-follow. Klik foto profil milikmu untuk mulai menulis Notes.
  4. Ketik apapun yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia. Ingat, kamu hanya bisa menulis dan menggunakan emoji hingga 60 karakter saja.
  5. Pilih untuk mengunggahnya kepada followers yang juga mengikuti kamu di Instagram atau pada Close Friends.
  6. Terakhir, klik Share untuk membagikan curahan hatimu dan siap-siap dikomentari oleh followers-mu.

Bisa Mengomentari Notes Teman

Selain itu, kamu pun bisa mengomentari curhatan orang yang kamu follow. Nantinya, kamu akan melihat Notes mereka di bagian atas kotak masuk yang bisa diakses selama 24 jam. Jadi, kamu bisa ikut berbagi cerita bersama temanmu yang lainnya.

Untuk mengomentari Notes teman, kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Buka menu Direct Messages dengan ikon pesawat di bagian atas layar.
  3. Akan terlihat orang yang telah update Notes. Notes yang mereka tulis akan muncul pada lingkaran foto profile pictures mereka. Klik salah satunya untuk berkomentar.
  4. Tulis pesan pada kolom komentar yang tersedia. Jika sudah selesai, klik Send.
  5. Balasan ke Notes akan masuk ke kotak masuk DM orang tersebut!


Itulah bagaimana cara pakai Notes, salah satu fitur terbaru dari Instagram. Hadirnya fitur ini membuat Instagram menjadi all-in-one platform jejaring sosial yang semakin diminati. Sudah siapkah untuk berbagi cerita lewat Instagram Notes? Buruan download versi terbaru aplikasinya terlebih dahulu, yuk!

Baca juga: Cara Ubah Background Warna DM Instagram di Ponsel

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments