Ban Tanpa Udara, Siap Diproduksi Massal di Tahun 2024

Ilustrasi ban tanpa udara. (Sumber: Kompas.com)
Isi Tabel

Tak bisa dimungkiri, perkembangan teknologi memang begitu cepat. Salah satunya dalam bidang otomotif. Seperti ban tanpa udara, inovasi ini disebut akan menjadi salah satu masa depan industri otomotif.

Inovasi ban tersebut akan membuat pengguna tak perlu repot mengisi udara atau mengecek tekanannya. Hal ini tentu akan memudahkan para penggunanya.

Beberapa produsen sudah mulai banyak yang berupaya memproduksi ban tanpa angin ini, seperti Michelin dan Bridgestone. Bahkan, Michelin sudah menentukan target untuk memproduksi ban yang diberi nama Unique Puncture-proof Tire System (UPTIS) tersebut mulai tahun 2024.

Baca juga: Era Hybrid Working, Teknologi Ini Bisa Bantu HRD di 2022!

Mengenal Inovasi Ban Tanpa Udara

Secara garis besar, tampilan dari inovasi ini menyerupai ban pada umumnya. Mulai dari berbentuk seperti donat, berwarna hitam, dan terbuat dari karet. Meski sekilas tampilannya tampak serupa, namun ternyata ban tanpa udara ini memiliki bentuk dinding yang bolong-bolong.

Ban tanpa angin ini memiliki struktur unik pada bagian dindingnya. Hal ini difungsikan sebagai penyangga antara bagian tapak ban dengan pelek. Dari struktur ini, bisa dipahami kerja ban ini tidak akan menggunakan udara.

Sementara itu, ban ini memiliki komposisi berbeda dalam pembuatannya. Jenis ban tanpa angin ini diracik menggunakan kombinasi plastik yang diperkuat serat kaca (GFRP), serta campuran karet fleksibel. Meski tanpa angin, menurut Michelin, distribusi beban yang diperoleh ban akan tersebar secara merata pada setiap putaran. 

Sayangnya, ban jenis ini masih belum dihadirkan untuk kebutuhan komersial. Namun, para produsen ban optimis bahwa jenis ini akan jadi pilihan di masa depan. Alasannya, ban jenis ini tidak akan mengalami masalah bila tertembus paku atau benda tajam lainnya. Dengan dirancang tanpa harus berisi angin, tentu ban tersebut tidak akan mungkin kempis.  


Dengan keunggulan seperti ini, secara otomatis pun membuat kita tak perlu membawa ban cadangan selama di perjalanan. Bukan hanya itu, ban berjenis ini juga dinilai ramah lingkungan karena materialnya dapat didaur ulang.

Menariknya, ban tanpa udara ini akan diproduksi secara massal pada tahun 2024 mendatang. Jadi, kamu siap-siap deh melihat dan merasakan pengalaman berkendara mobil dengan ban tanpa udara.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments