Asli atau Palsu? Begini Cara Cek Ijazah Online Lewat SIVIL!

Ilustrasi cara cek ijazah online lewat SIVIL. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Tindak penipuan pemalsuan dokumen penting termasuk Ijazah, ternyata masih kerap ditemukan. Kasus pemalsuan ijazah ini seharusnya ditindak lanjuti lebih lanjut agar masyarakat tak lagi tertipu oleh oknum terkait.

Untuk terhindar dari tindak penipuan, kamu bisa cek keaslian ijazah secara online lewat Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL). Situs ini merupakan laman yang dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lewat situs SIVIL, kamu bisa cek keaslian ijazah dengan mudah. Untuk itu, siapkan ijazah yang ingin dicek terlebih dahulu sebelum kunjungi situs ini. Setelah itu, coba ikuti langkah berikut.

Baca juga: Ingin Daftar CPNS dan PPPK 2022? Begini Persiapannya!

Cara Cek Ijazah Online Lewat SIVIL

Dikutip dari laman Ijazah Kemendikbud, pengecekan keaslian ijazah di SIVIL bisa dilakukan jika dokumen yang diperiksa adalah terbitan di atas tahun 2002/2003. Jadi, pastikan terlebih dahulu tahun berapa ijazah tersebut diterbitkan.

Setelah itu, ikuti cara cek ijazah asli atau palsu melalui SIVIL Kemendikbud berikut:

  1. Silakan kunjungi laman ijazah.kemdikbud.go.id.
  2. Pada halaman situs web, kamu perlu lengkapi beberapa data seperti nama perguruan tinggi, program studi, nomor seri ijazah, serta kode keamanan berupa penjumlahan.
  3. Jika data yang sudah diisi sudah benar, klik ‘Verifikasi’.
  4. Tunggu beberapa saat hingga data berhasil diverifikasi. 

Bila ijazah terbukti sah, informasi berupa Nama Perguruan Tinggi, Nama Mahasiswa, Nomor Mahasiswa, Jenjang Pendidikan, Program Studi, Nomor Ijazah, dan Tanggal Lulus akan otomatis muncul pada layar.

Beda cerita jika ijazah yang kamu cek palsu atau tidak terdaftar di SIVIL. Halaman pada situs akan kembali seperti kondisi awal sebelum kolom isian terisi. Namun, bisa juga kamu salah input sehingga ada kesalahan saat menemukan data. Jadi, pastikan data yang diisi sudah sesuai.

Sementara itu, kamu juga bisa mengecek keaslian ijazah untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah. Kali ini, kamu harus kunjungi laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi laman nisn.data.kemdikbud.go.id.
  2. Pada halaman utama situs web, masukkan NISN, nama ibu kandung beserta kode CAPTCHA.
  3. Selanjutnya, klik ‘Cari Data’.
  4. Tunggu beberapa saat hingga data pemilik NISN tersebut dimunculkan.


Itulah cara cek ijazah online lewat situs SIVIL. Dengan cara ini, kamu bisa memastikan keaslian ijazah seseorang untuk terhindar dari tindak penipuan. Semoga informasi di atas membantu, ya!

Baca juga: Hati-hati! Inilah Cara Menghindari Pinjol Ilegal!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments