Amazon Hingga Alibaba, Jadi E-Commerce Populer di Dunia!

Ilustrasi e-commerce eBay. (sumber: Pixabay)
Isi Tabel

Kini, berbelanja tidak perlu keluar rumah karena sudah ada beberapa e-commerce populer yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalian. Adanya internet dan smartphone membuat kita dapat mengakses situs e-commerce untuk berbelanja secara online. Jadi, berbelanja dapat kita lakukan dari manapun dan kapanpun selama kita terkoneksi dengan internet.

Tren belanja secara online mulai populer sejak beberapa tahun belakangan ini, sebab banyaknya ecommerce baru yang muncul. Kemudian, mereka menawarkan banyak produk dan promo menarik. Beberapa e-commerce yang cukup populer di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Olx. 

Keberadaan e-commerce di Indonesia sangat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan untuk berbelanja online. Namun, tidak semua barang bisa didapatkan di platform tersebut sehingga terkadang kita perlu mengakses e-commerce asal luar negeri. 

Kali ini, kami telah merangkum dan menyiapkan 3 e-commerce besar di dunia yang sangat populer. Tanpa menunggu lama dan bikin kamu penasaran, berikut daftarnya di bawah ini!

Baca juga: Yuk Mengenal eBay, Si Pelopor E-commerce di Dunia

Amazon E-commerce Populer

Tampilan e-commerce populer Amazon

Amazon adalah e-commerce yang berasal dari Amerika Serikat dan memiliki kantor pusat di Seattle, Washington. Ketika Jeff Bezos mendirikan perusahaan itu, banyak orang menyebut Amazon sangat berpengaruh di bidang ekonomi dan sosial di dunia. E-commerce ini termasuk ke dalam 5 perusahaan teknologi-informasi terbesar di Amerika Serikat, yakni Google, Microsoft, Apple, dan Facebook.

Produk di e-commerce ini pun bervariasi, mulai dari elektronik, kecantikan, pakaian, alat memasak, barang langka hingga benda unik. Salah satunya adalah Ensiklopedia Pokemon yang terjual dengan harga fantastis sebesar US$ 50 ribu atau Rp 665 juta. Selain itu, pernah juga menjual drone canggih yang telah terjual dengan harga US$ 29,9 ribu atau setara Rp 304 Juta.

Barang – barang yang tersedia di Amazon dapat dikirim ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam proses pengirimannya memerlukan waktu yang cukup lama karena dikirim dari luar negeri. Namun, kamu juga bisa mendapatkan produk terlebih dahulu walaupun barang tersebut belum masuk ke Indonesia.

Salah satunya adalah saat fenomena Playstation 5 (PS5). Saat itu barang tersebut belum masuk ke Indonesia secara resmi. Akan tetapi, kamu bisa membelinya secara resmi melalui Amazon. Jadi, kamu bisa memiliki PS5 sebelum mulai dijual di Indonesia sehingga bisa lebih cepat mendapatkannya.

eBay

Tampilan e-commerce eBay

Sama seperti Amazon, eBay merupakan e-commerce yang berasal dari Amerika Serikat tapi memiliki kantor pusat di San Jose, California. eBay merupakan e-commerce populer yang menjadi kompetitor utama dari Amazon. Persaingan mereka sama ketatnya layaknya dua e-commerce besar di Indonesia yaitu Tokopedia dan Shopee. Platform tersebut didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995 lalu. Hingga kini telah beroperasi di lebih dari 32 negara di seluruh dunia.

eBay ini menjual berbagai macam barang, mulai dari kendaraan, alat kesehatan, pakaian, alat berkebun, keperluan olahraga dan masih banyak lagi. Bukan hanya berbagai produk biasa, tetapi e-commerce ini juga menjual barang unik dan langka. Barang langka tersebut memiliki nilai historis serta nilai jual yang tinggi. Sebab, barang tersebut dimiliki oleh tokoh ternama di dunia.

Salah satunya adalah permen karet bekas yang telah dikonsumsioleh pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu. Permen karet tersebut terjual dengan harga sekitar 390 pound atau sekitar Rp. 7,2 Miliar.

Alibaba

E-commerce populer di dunia Alibaba

Alibaba merupakan perusahaan asal Tiongkok yang berfokus kepada e-commerce serta industri internet dan teknologi. Perusahaan ini didirikan pada 28 Juni 1999 oleh Jack Ma yang saat ini dikenal sebagai salah satu miliarder terpopuler di dunia. Kantor pusat dari Alibaba berlokasi di Hangzhou, Zhejiang, Republik Rakyat Tiongkok. 

Beberapa tahun belakangan ini, Alibaba termasuk dalam jajaran perusahaan terbesar di dunia. Sebab, e-commerce ini memiliki valuasi yang mencapai lebih dari US$ 500 Miliar. Perusahaan milik Jack Ma ini juga masuk ke dalam kelompok e-commerce teratas di dunia bersama Amazon dan eBay. Sebab, pengguna e-commerce ini mencapai sekitar 400 juta per bulannya.

Bukan hanya itu, Alibaba juga beroperasi di lebih dari 200 negara. Dengan tersebar diberbagai wilayah di dunia itu, semakin memperkuat namanya sebagai e-commerce raksasa kebanggaan Asia. Hampir sama dengan e-commerce lainnya, Alibaba juga menyediakan barang elektronik, alat olahraga, kendaraan, alat kesehatan, dan sebagainya. Namun, kamu juga bisa menemukan barang unik yang sulit ditemukan di tanah air.

Meski begitu, Alibaba juga memiliki kekurangan dalam segi pengiriman yang memakan waktu. Bahkan, ada yang sampai satu bulan jadi kamu harus bersabar bila memesan barang di e-commerce ini.


Itulah 3 e-commerce terbesar yang populer di dunia. Mereka menyediakan berbagai barang yang jarang disediakan oleh e-commerce milik Indonesia. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kira-kira dari 3 e-commerce di atas mana yang akan dipilih?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments