5 Sifat Han Ji-Pyeong Ini Wajib Dimiliki Oleh Anak Startup

Tokoh Han Ji-pyeong di dalam drama Korea "Startup". (sumber: Prambors)
Isi Tabel

Tak dapat dimungkiri, drama Korea ‘Startup’ memang sangat terkenal hingga menjadi buah bibir kalangan milenial. Bukan hanya jalan ceritanya, tetapi deretan tokohnya juga menjadi idola. Salah satunya adalah Han Ji-pyeong.

Serial ini sendiri menceritakan tentang perjalanan sekumpulan anak muda yang ingin mendirikan perusahaan rintisan (startup) di bidang teknologi. Mereka terinspirasi dari CEO peusahaan teknologi besar, seperti Apple milik Steve Jobs.

Drama Korea ini sendiri diperankan oleh Seo Dal-mi (Bae Suzy), Nam Do-san (Nam Joo-hyuk), dan Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho). Dalam serial ini terdapat konflik cinta segitiga antara Han Ji-pyeong dan Nam Do-san yang berusaha mendapatkan hati seorang Seo Dal-Mi.

Keduanya memiliki cara pendekatan dan kepribadian yang berbeda. Nam Do-san lebih berusaha untuk memberikan waktunya untuk Seo Dal-Mi. Sementara Han Ji-pyeong, menujukkannya dengan cara memberikan bantua material dan ilmu untuk pengembangan bisnis milik Seo Dal-Mi. Hal ini karena kepribadian Han Ji-pyeong yang berpengalaman di bidang bidang bisnis.

Dari kepribadian Han Ji-pyeong itu, kita dapat belajar berbagai sifat yang dapat diteladani untuk menjadi anak startup. Yuk, simak informasi 5 sifat yang patut diteladani dari tokoh tersebut!

Baca juga: Patut Diteladani, 4 Sifat CEO Startup dari Sosok Won In-Jae

Han Ji-pyeong Berani Bermimpi dan Berusaha

Tokoh Han Ji-pyeong memang digambarkan memiliki kharisma yang sangat menonjol. Apalagi sosok tersebut memiliki jabatan tinggi di perusahaan, serta mempunyai beberapa koleksi barang mewah. Akan tetapi, semua itu tidak didapatkan secara cuma-cuma saja.

Sebab di balik pesonanya yang high class, ternyata ia memiliki kisah yang sangat menyedihkan. Awalnya, ia lahir dan tumbuh sebagai seorang yatim piatu dengan tinggal di panti asuhan.

Namun, hal itu tidak meruntuhkan tekadnya untuk menjadi seseorang yang sangat sukses di masa depan. Hal tersebut ditunjukkan dengan mengikuti lomba dan mendapat beasiswa dari sekolahnya.

Di tengah mewujudkan mimpinya, ia kesulitan untuk mencari tempat tinggal. Hingga akhirnya bertemu dengan nenek Seo Dal-mi, kemudian meminta Han Ji-pyeong untuk tinggal di rumahnya.

Setelah menyelesaikan sekolahnya, Han Ji-pyeong pun berjanji kepada nenek tersebut untuk menjadi orang sukses. Kemudian, ia berjanji akan membahagiakan nenek yang sudah dianggap sebagai keluarganya sendiri. Akhirnya, Ji-pyeong menjadi seorang investor dan konsultan bisnis ternama yang sangat terkenal di Korea Selatan.

Dari sifat yang dimiliki Ji-pyeong, kita belajar bahwa semua hal membutuhkan proses dan usaha yang maksimal sebelum mencapai kesuksesan. Selain itu, tidak ada yang tak mungkin asalkan terus mencoba dan pantang menyerah.

Berdedikasi Tinggi Pada Perusahaan dan Teman

Dalam drama ini Han Ji-pyeong adalah seorang senior manager di perusahaan investasi yang cukup besar bernama SH Venture. Hal yang mengejutkan adalah 3 tahun kemudia ia dipromosikan sebagai Direktur dari perusahaan tersebut. Padahal, usianya masih 30 tahun dan terbilang muda.

Bahkan, ia tidak pernah sekalipun bolos atau izin demi meninggalkan pekerjaannya. Sebab, ia begitu mencintai pekerjaannya dan tidak ingin waktunya terbuang sia-sia. Hal ini karena dia sudah bersusah payah untuk mencapai kehidupan yang sekarang.

Kemudian, dia juga berniat mengembangkan startup milik Seo Dal-mi bersama dengan Nam D-san. Semua usaha yang dia lakukan itu, ternyata membuahkan hasil dengan semakin meroketnya nama perusahaan Samsan Tech. Hingga semakin banyak investor yang masuk ke startup tersebut.

Han Ji-pyeong Belajar dan Melihat Tren di Masyarakat

Sebagai tokoh yang ahli bisnis dan berprofesi menjadi konsultan, Han Ji-pyeong diharuskan untuk membaca dan memahami tren di masyarakat. Seperti saat Han Ji-pyeong sebagai mentor, Seo Dal-mi diminta untuk memahami tren yang ada dan kemungkinan peluang kesuksesan startup-nya.

Sebab, sebagai startup sudah seharusnya membaca tren di masyarakat. Kemudian, membuat suatu solusi yang mempermudah kehidupan sosial. Selain meminta Seo Dal-mi membaca tren, Han Ji-pyeong juga rajin melakukan riset pasar dan saham sejak muda. Oleh sebab itu, dia bisa sukses seperti sekarang ini.

Bersifat Profesional

Sebagai mentor dari perusahaan startup baru, tentu bukan hal yang mudah dalam menjalani tugasnya. Apalagi Han Ji-pyeong juga memiliki hubungan pertemanan dengan anggota dari startup yang dibantu itu. Namun, ia memiliki prinsip untuk tidak mencampuri hubungan pertemanan dengan dunia pekerjaan.

Hal ini dapat terlihat dari beberapa adegan. Dimana ia memarahi Seo Dal-mi yang belum bisa mengatur saham startup-nya. Kemudian, memberikan kritik terhadap kebijakan yang dinilai belum cukup baik untuk diterapkan di Startup Samsan Tech.

Tindakan tersebut rela dilakukan oleh Ji-pyeong karena ingin melihat teman-temannya sukses. Meskipun, mereka akan menilai dirinya sebagai orang yang perfeksionis ataupun suka mengatur. 

Tidak Melupakan Orang yang Berjasa Kepadanya

Setelah keluar dari panti asuhan, Han Ji-pyeong tinggal bersama nenek Seo Dal-mi hingga lulus keduanya. Hubungan keduanya pun sangat dekat layaknya keluarga sendiri. Kasih sayang yang diberikan oleh nenek tersebut pun dirasakan sangat tulus.

Oleh sebab itu, setelah sukses nanti ia bertekad untuk membahagiakan sang nenek bagaimanapun caranya dan berapapun biayanya. Dari sifat urut ke-5 ini, kita belajar bahwa orang yang membantu saat masa sulit tentu punya tempat spesial di hati. Bila kebanyakan orang rela meninggalkan seseorang yang berjasa, hanya karena ego dan kekayaan. Namun, Han Ji-pyeong tak lupa atas jasa nenek tersebut.


Itulah 5 sifat dari Han Ji-pyeong yang dapat diterapkan di kehidupan nyata. Semoga sifat dan kesuksesan Han Ji-pyeong bisa menular ke kita juga ya. Yuk kita berusaha dan semangat sama – sama.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments