5 Keunggulan Chat GPT-4, Chatbot Model Terbaru OpenAi

Ilustrasi laman awal Chat GPT-4 yang punya banyak kelebihan. (Sumber ChatGPT)
Isi Tabel

Chat GPT-4 belum lama ini resmi dirilis oleh OpenAI pada (14/3/2023) yang memiliki sejumlah keunggulan. Model ini merupakan model terbaru setelah Chat GPT-3 ramai diperbincangkan oleh seluruh masyarakat di dunia.

Tentunya, keunggulan dari Chat GPT-4 ini sangat memudahkan pengguna internet di dunia terutama dalam menghasilkan teks. Pihak OpenAi pun mengklaim bahwa GPT-4 kepintarannya jauh lebih baik dibandingkan dengan GPT-3 yang sering kita gunakan hingga hari ini.

Pasti sudah penasaran dengan kelebihan dari Chatbot model terbaru dari OpenAi ini, bukan? Maka dari itu, kali ini AwanApps akan membahas mengenai keunggulan Chat GPT-4. Jadi, simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Selain ChatGPT, Inilah 5 Chatbot AI yang Juga Canggih!

Tentang ChatGPT 4

Sebelum membahas mengenai keunggulannya, mari bahas terlebih dahulu apa sebenarnya ChatGPT 4. Model chatbot terbaru ini merupakan model bahasa alami generatif yang menggunakan pendekatan Deep Learning.

Dengan demikian, GPT-4 dapat mempelajari tata bahasa alami manusia sehingga menghasilkan teks yang natural layaknya berbicara dengan manusia. Deep Learning sendiri adalah teknologi Artificial Intelligence yang dapat belajar dari data yang diberikan.

Semakin banyak data yang diberikan, semakin baik pula performa model ini. Dengan cara kerja seperti ini, pekerjaan manusia akan lebih terbantu sehingga dapat dikerjakan dengan lebih mudah.

Kecerdasan buatan ini akan memproses data dengan mempelajari pola dan struktur dari teks yang diinput. Setelah itu, ia akan melakukan analisis dari pola tersebut. Tentunya, model ini akan memahami bahasa manusia dengan lebih baik dan natural.

Keunggulan Chat GPT-4

Setelah menelaah bagaimana cara ChatGPT 4 bekerja, berikut adalah keunggulan yang diberikan dari GPT-4, chatbot model terbaru dari GPT-3.5. 

Percakapan Jadi Lebih Panjang

Bagi yang belum puas dengan jawaban yang diberikan oleh Chat GPT-3.5, di GPT-4 kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Hal ini disebabkan karena GPT-4 memungkinkan untuk melakukan percakapan yang lebih panjang.

Hebatnya, model GPT-4 ini bisa menampung percakapan hingga 25.000 kata. Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, tentu kemampuannya lebih unggul delapan kali lipat.

GPT-4 Dapat Mendeteksi Gambar

Inilah yang membuat ChatGPT-4 dianggap extraordinary dibanding pendahulunya. Bukan hanya hadir sebagai bahasa model saja, namun kini sudah bertransformasi menjadi multi-modal.

Fitur ini sangat ditunggu-tunggu di mana penggunanya dapat memasukkan perintah dengan format gambar selain hanya dalam format teks saja. Nantinya, GPT-4 akan memberikan tanggapan berupa teks yang dihasilkan dari perintah berupa teks dan juga gambar.

Lebih baik dalam Memahami Bahasa

Perbandingan hasil dari ChatGPT biasa dengan GPT-4
Perbandingan hasil dari ChatGPT biasa dengan GPT-4

Hal yang lebih mencengangkan, GPT-4 memiliki kemampuan pemahaman bahasa yang luar biasa. Dilansir dari laman OpenAi, pihaknya melakukan uji coba dengan ChatGPT versi lama dengan GPT-4. 

Hasilnya pun sangat mengejutkan karena GPT-4 mampu menampilkan hasil yang lebih akurat daripada pendahulunya. Keunggulan GPT-4 ini dibekali oleh language model dengan 24 bahasa dari 26 bahasa yang telah teruji.

Memberikan Respon yang Aman

Seringkali pengguna mengajukan pertanyaan yang mengandung arti berbahaya. Setelah diperbarui, GPT-4 akan menolah berbagai perintah yang berbahaya. Dengan demikian, tanggapan yang disajikan menjadi lebih aman.

Dalam proses uji cobanya, OpenAI telah mengklaim bahwa pihaknya telah meminimalisir secara signifikan terhadap perintah berbahaya hingga 82 persen dari GPT3.5, versi sebelumnya.

Tanggapan GPT-4 Jauh Lebih Ekspresif

Tak sedikit yang merasa bahwa respon atau tanggapan dari GPT-3.5 terlalu robotik dan kaku. Nah, demi kenyamanan pengguna, GPT-4 hadir dengan respon yang lebih natural dan ekspresif.

Respon yang dimuat setelah mengetikkan perintah akan terdengar layaknya tanggapan dari seorang manusia, bukanlah sebuah komputer. Apalagi, ChatGPT plus ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik lagi dibandingkan versi gratis yang sering kita gunakan.


Itulah keunggulan Chat GPT-4, model chatbot keluaran terbaru dari OpenAi. Jika ChatGPT biasa saja sudah cukup membantu, apalagi model terbaru ini. Sayangnya, versi ini tidaklah gratis alias berbayar. Oleh karena itu, siapkan budget jika ingin merasakan pengalaman baru memakai ChatGPT!

Baca juga: Hati-hati! GPT Zero Bisa Mendeteksi Tulisan Hasil ChatGPT!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments