5 Fitur Tersembunyi Xbox Series X, Sudahkah Kamu Tahu?

Ilustrasi fitur tersembunyi Xbox Series X. (Sumber: Xbox)
Isi Tabel

Xbox Series X menyimpan beberapa fitur tersembunyi untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Kabarnya, fitur ini belum diketahui oleh sebagian orang, terutama para gamers

Dilansir dari laman Digital Trends, ada lima fitur tersembunyi yang ditawarkan oleh Xbox series X. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Daftar Game Gratis di Netflix untuk Mengisi Waktu Luang

Fitur tersembunyi Xbox Series X: Remap Controls

Jika mendengar nama fitur ini, sudah pasti para gamers tahu fungsi Remap Controls. Fitur ini berguna untuk memetakan ulang krontrol sesuai dengan keinginanmu. Fitur ini melengkapi fungsi Xbox X series sebagai pengontrol game.

Ada langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini. Berikut caranya:

  1. Buka tab Perangkat & Koneksi pada menu pengaturan.
  2. Pilih opsi Aksesoris.
  3. Lalu, klik pengontrol.
  4. Remap atau petakan ulang kontrol sesuai keinginan.

Ubah Volume TV

Saat main game, pernahkah kamu jadi sibuk cari remote TV karena ingin mengecilkan volume? Jika iya, kini tak perlu khawatir. Kamu bisa gunakan pengontrol Xbox Series X jika ingin mengatur volume TV. 

Di bagian bawah tab Panduan Xbox, terdapat widget Audio & Musik. Jika Xbox kamu menggunakan kabel HDMI di TV dan diperbaharui sepenuhnya, kamu bisa melihat opsi untuk menambah, mengurangi, dan mematikan audio.

Night Mode di Xbox Series X

Fitur ini berfungsi untuk menurunkan tingkat kecerahan cahaya dari konsol sehingga akan lebih mudah untuk tidur setelah bermain game. Night mode juga mampu meningkatkan kenyamanan saat bermain game. Kecerahan dan keredupan dapat disesuaikan sehingga terhindar dari paparan blue-ray.

Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengikuti cara berikut ini:

  1. Buka tab Umum di menu Pengaturan.
  2. Lalu, pilih TV & Display Options.
  3. Nanti, kamu bisa menemukan opsi untuk mengatur light mode.

Sesuaikan Panduan

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan urutan tab panduan sesuai keinginanmu. Panduan pada pengontrol berfungsi untuk memilih game yang akan dimainkan, berinteraksi dengan lawan main, memulai obrolan, dan lainnya.

Nantinya, semua tab tersebut dapat disesuaikan dengan cara berikut:

  1. Buka Panduan Xbox Series X.
  2. Kemudian, buka tab Profil & Sistem.
  3. Di bagian kedua, pilih opsi Sesuaikan Panduan.
  4. Silakan atur tab Panduan sesuai keinginanmu.

Google Assistant atau Alexa

Dengan XBox Series X, kamu bisa mengintegrasikan Google Assistant atau Alexa langsung ke konsolmu. Fitur ini memudahkanmu untuk mengoperasikan konsol hanya dengan komando suara. Mulai dari menghidupkan dan mematikan konsol, memilih game baru, hingga merekam layar saat permainan berlangsung.

Untuk mengaktifkannya, kamu bisa pilih Aktifkan Asisten Digital. Kemudian, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada di halaman tersebut. Setelah itu, Google Assistant dan Alexa sudah aktif di Xbox kamu.


Itulah 5 fitur tersembunyi yang ada pada Xbox Series X yang mungkin belum kamu tahu. Dengan deretan fitur tersebut, pengalaman bermain game jadi semakin nyaman dan seru. Jadi, selamat mencoba!

Baca juga: Daftar Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Game

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments