4 Jurusan Saintek yang Jarang Ditemukan di Indonesia

Ilustrasi kuliah di jurusan Saintek yang langka. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Pilih jurusan kuliah itu pasti bikin bingung karena berpengaruh juga untuk tahap selanjutnya. Ketika memilih jurusan juga perlu dipertimbangkan mulai dari segi prospek pekerjaan nantinya, ketertarikan ilmu, hingga passion yang dimiliki. 

Nah, kalau kamu punya passion di bidang Saintek ini seharusnya nggak bakal bingung. Soalnya, kampus yang menyediakan jurusan ini hanya ada satu lho.

Gimana? Penasaran apa saja jurusannya? Yuk, kita simak 4 jurusan kuliah bidang Saintek yang langka di Indonesia!

Baca juga: 6 Situs Download E-book Gratis Buat Anak Kuliah!

Jurusan Astronomi

Pertama, ada Astronomi sebagai salah satu jurusan kuliah yang unik. Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi satu-satunya universitas di Asia Tenggara yang menyediakan jurusan Astronomi. Menariknya, Astronomi ITB telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Observatorium Bosscha. Mahasiswanya diharuskan melakukan observasi astronomi di tempat bersejarah tersebut.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari aspek fisika, biologi, kimia, serta evolusi yang berhubungan dengan bintang, planet, dan benda luar angkasa lainnya. Nah, jurusan ini cocok banget buat kamu yang memiliki passion dengan benda-benda di luar angkasa lho!

Jurusan Teknik Nuklir

Kedua, ada jurusan Teknik Nuklir yang hanya ada di Universitas Gajah Mada. Nah, jurusan tersebut merupakan bidang penerapan ilmu praktis terkait inti atom dengan prinsip-prinsip fisika nuklir, serta interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya.

Di jurusan ini kamu akan dihadapkan dengan pengembangan sumber energi, aplikasi radiasi di bidang industri, dan  penerapan nuklir di bidang medis atau radiologi klinik. Lalu, kamu akan mempelajari fisika, bahasa Inggris, matematika, gambar teknik, elektronika, dan sejenisnya. 

Jika kamu berpikir ilmu ini selalu berhubungan dengan senjata, maka gambaran tersebut belum tepat. Di Indonesia ilmu Teknik Nuklir digunakan sebagai sumber energi. Kalau kamu tertarik dan passion di bidang sains, cocok sekali masuk jurusan ini lho!

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Ketiga, jurusan yang langka ini bernama Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Nah, jurusan yang dibuka di Universitas Airlangga ini pasti cukup asing bagi kamu karena baru didirikan tahun 2020 lalu. Kira-kira, apa saja yang akan dipelajari dari Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan?

Di sini kamu akan mempelajari sains dasar (fisika – matematika), teknologi informasi, dasar sistem siber-fisik, hingga desain aplikasi robotika dan kecerdasan buatan. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan ilmu elektronika, komputer, hingga sistem mekanika bisa sekali pilih jurusan ini lho!

Sains Atmosfer dan Keplanetan

Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan hanya ada di Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Fokus kajiannya adalah bidang ilmu sains atmosfer dan astrofisika. Jika kamu tertarik belajar tentang atmosfer dan pengaruhnya terhadap iklim di bumi, maka jurusan ini dapat dipertimbangkan untuk dipilih.

Di jurusan ini kamu akan mengkaji perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi. Selain itu, kamu juga akan mengkaji interaksi matahari terhadap bumi dan planet lainnya di tata surya. Ketika masuk jurusan ini kamu akan dihadapkan dengan pelajaran eksak, seperti matematika, fisika, dan kimia. 


Itulah beberapa jurusan kuliah di bidang Saintek yang sangat langka di Indonesia. Apakah ada salah satu jurusan di atas yang kamu minati?

Baca juga: 4 Cloud Storage Terbaik, Bagus Untuk Anak Kuliah!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments