3 Tips Mudah Jaga Privasi Online di Aplikasi WhatsApp

Ilustrasi 3 tips mudah menjaga privasi online di WA. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

WhatsApp (WA) menjadi salah satu aplikasi pesan yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga pekerja. Secara default, WhatsApp membagikan status online pengguna dengan teman atau publik saat mereka tengah membuka aplikasi tersebut.

Bagi kamu yang ingin menjaga privasi, status online tersebut juga dapat dihilangkan. Dengan menghilangkan status tersebut, teman tidak dapat melihat atau mengetahui saat kamu sedang membuka WhatsApp.

Untuk menghilangkan status online di WhatsApp, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi lain. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga privasi online di WhatsApp. Yuk, simak 3 tips mudah jaga privasi online di WA berikut ini!

Baca juga: Wajib Dicoba, 3 Fitur WhatsApp Yang Semakin Keren!

Ubah Pengaturan Aplikasi WhatsApp 

Pertama, cara menyembunyikan status WhatsApp agar tidak terlihat online dapat dilakukan untuk ponsel iOS maupun Android. 

  1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone
  2. Pilih menu Setelan (Setting)
  3. Klik Akun (Account)
  4. Klik Privasi (Privacy)
  5. Klik terakhir Dilihat (Last Seen)
  6. Pilih opsi Nobody agar tidak seorang pun bisa melihat status last seen kamu

Bagi yang ingin lebih privat lagi, kamu bisa menyembunyikan centang biru saat pesan kamu sudah dibaca teman. Lewat cara ini, kamu bisa mengelabui pengguna lain seolah-olah pesannya belum terbaca. Selain itu, kamu juga bisa menyiasati untuk menunda balas pesan.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda
  2. Pilih menu Setelan (Setting)
  3. Klik Akun (Account)
  4. Klik Privasi (Privacy)
  5. Gulir ke bagian bawah dan klik Tanda Terima Telah Dibaca (Read Receipts)
  6. Centang atau geser sampai supaya Read Receipts nonaktif

Membalas Chat Lewat Panel Notifikasi

Selain mengubah pengaturan, kamu juga bisa membalas pesan WhatsApp langsung dari panel notifikasi. Dengan cara tersebut, kamu bisa membalas WA tanpa terlihat online. Bahkan, tidak akan muncul keterangan mengetik atau ‘typing’.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Ketiga, kamu juga bisa mengaktifkan mode pesawat pada ponsel. Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna WhatsApp versi asli. Pesan kamu akan terkirim setelah mode pesawat dimatikan dan koneksi data dinyalakan kembali. Berikut cara untuk melakukannya, yaitu:

  1. Buka menu pengaturan (setting).
  2. Kemudian, kamu matikan konektivitas data atau cukup tekan mode pesawat (airplane mode) sebelum membuka WhatsApp.
  3. Setelah mode pesawat aktif, buka aplikasi WhatsApp dan baca chat yang masuk. Kamu bisa juga mengetik pesan balasan dan ketuk kirim.


Itulah 3 tips mudah untuk menjaga privasi online di aplikasi WhatsApp. Gimana? Cara menjaga privasi di WhatsApp ini mudah, bukan? Yuk, lakukan cara di atas agar privasi kamu terjaga!

Baca juga: Kenali Fitur Multi-Device di Aplikasi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments