3 Alasan Pengguna iPhone Tak Perlu Instal Antivirus

Ilustrasi Alasan Pengguna iPhone Tak Perlu Instal Antivirus. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Tak sama halnya seperti Android, pengguna iPhone tidak perlu instal aplikasi antivirus. Setiap perangkat termasuk ponsel umumnya memerlukan peran aplikasi antivirus untuk terhindar dari malware.

Namun, sistem operasi iOS pada iPhone memiliki keunggulan pada keamanan dan privasi dibanding Android. Dengan demikan, iOS tidak membutuhkan aplikasi anti virus untuk melindungi perangkatnya dari serangan malware atau jenis virus lainnya.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau aplikasi antivirus itu sebenarnya hanya sebuah program keamanan yang tak bisa melindungi perangkat dari virus. Dengan kata lain, aplikasi ini tak bisa diandalkan untuk melindungi apalagi membersihkan malware dari perangkat.

Jadi, apabila kamu tetap ingin instal aplikasi antivirus, ketahuilah alasan berikut yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk para pengguna iPhone. Berikut informasinya!

Baca juga: Seram! Ini 5 Virus Komputer Paling Berbahaya

Aplikasi Antivirus Tidak Bisa Menangkal Malware

Seperti yang sudah dibahas, aplikasi antivirus tak bisa melawan serangan malware dan jenis virus lainnya di perangkatmu. Perlu diketahui, cara bekerja aplikasi antivirus ini berbeda ketika terpasang di Windows atau macOS.

Jika terpasang di iPhone, aplikasi antivirus ini hanya berjalan di “sandbox” saja sehingga kemampuannya terbatas. Artinya, aplikasi tersebut tak bisa melindungi sistem dari ancaman malware sepenuhnya.

iPhone Punya Sistem Keamanan Lebih Canggih

Terlepas dari hal di atas, pengguna iPhone tak perlu khawatir. iPhone sendiri telah memiliki sistem keamanan yang lebih canggih sehingg lebih efektif melindungi perangkat dari serangan malware.

Apple telah membekali iPhone dengan sistem keamanan mutahir yang telah disematkan pada sisten operasi iOS terbaru. Selain itu, Apple pun memiliki fitur App Tracking Transparency yang mampu melindungi perangkat dari kebocoran data pribadi.

Ada pula fitur keamanan di browser Safari yang memiliki filter anti-phising. Saat memasuki situs yang mencurigakan, fitur tersebut akan memberi peringatan kepada pengguna agar mengurungkan diri untuk membuka suatu situs tertentu.

Banyak Aplikasi Antivurs Bodong Pembawa Malware

Tak sesuai namanya, ada beberapa aplikasi antivirus yang malah membawa malware ketika terpasang di sebuah perangkat. Hal ini justru bukannya menguntungkan namun malah merugakan pengguna ponsel pintar.

Oleh karena itu, pihak Apple juga menghimbau pengguna untuk tidak menginstal aplikasi dari luar App Store. Walaupun iPhone telah dibekali oleh beberapa fitur untuk memfilter serangan malware, namun pengguna harus tetap waspada dalam melakukan instalasi aplikasi.


Itulah 3 alasan mengapa pengguna iPhone tak perlu instal aplikasi antivirus. Dibekali oleh fitur keamanan yang canggih, tak perlu lagi khawatir akan serangan malware yang merugikan itu, ya!

Baca juga: Ciri-ciri iPhone Yang Terkena Blokir IMEI, Buruan Cek!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments