Fitur NFC: Pengertian dan Fungsinya pada Smartphone

Ilustrasi smartphone yang memiliki fitur NFC. (sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Dalam memilih smartphone, pasti setiap orang akan melihat spesifikasi yang ditawarkan. Semakin lama, produsen smartphone tampaknya sangat gencar memberikan fitur-fitur terbaru ke dalam produknya. Setiap merek berlomba mengadaptasi teknologi terbaru mengikuti permintaan pasar saat ini.

Di tengah berkembangnya fitur yang diadaptasi ke dalam unit gawai, belakangan yang cukup menarik perhatian yaitu NFC. Fitur tersebut pun belum begitu banyak digunakan pada smartphone, sehingga tipe yang telah dilengkapi diburu banyak orang. 

Berbicara mengenai fitur NFC, pentingkah untuk ada di sebuah smartphone? Berdasarkan pengamatan, beberapa tipe gawai yang telah dilengkapi fitur ini dibanderol dengan harga yang lumayan. Lantas, apa pengertian dan fungsi fitur NFC pada smartphone? Yuk, langsung saja simak bahasan selengkapnya!

Baca juga: 8 Aksesoris Smartphone yang Wajib Ada Saat Liburan!

Pengertian Fitur NFC

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang artinya komunikasi medan dekat. Berdasarkan sejarahnya, fitur ini bukanlah teknologi baru karena sudah dikenalkan sejak tahun 2004. NFC dibuat oleh Sony, NXP Semiconductors, dan Nokia serta digunakan pertama kali pada gawai Nokia 6131.

NFC berawal dari pengembangan teknologi Radio-Frequency Identification (RFID) oleh Harry Stockman pada tahun 1948. RFID merupakan teknologi berbasis gelombang radio dalam jarak pendek yang digunakan untuk mengidentifikasi objek tanpa melakukan kontak langsung.

Fitur NFC bekerja layaknya RFID, menggunakan induksi elektromagnetik. Agar fitur ini dapat berfungsi diperlukan perangkat lain yang mampu menangkap sinyal. Adapun perangkat tersebut terbagi ada dua jenis yaitu pasif dan aktif. Perangkat pasif berarti hanya mampu mengirim informasi, sedangkan aktif juga dapat menerima.

Fungsinya pada Ponsel

Ilustrasi fitur NFC pada smartphone

Fitur NFC berfungsi untuk mentransfer data antar perangkat, misalnya mengirim gambar, video, ataupun aplikasi. Memang, fungsi seperti ini sebenarnya mampu dilakukan oleh bluetooth. Namun, NFC mampu menghubungkan antar perangkat lebih cepat dan menggunakan sedikit daya. 

Walaupun demikian, dalam kecepatan pengiriman data bluetooth lebih unggul. Dengan ini, mungkin bagi sebagian orang fitur ini tidaklah begitu penting. Selain dapat mentransfer data, NFC berfungsi pada bidang berikut, yaitu:

  • Akses kontrol
  • Konsumen elektronik
  • Kesehatan
  • Informasi pengumpulan dan pertukaran
  • Loyalitas dan pembelian kupon
  • Pembayaran
  • Transportasi

Salah satu fitur NFC yang menarik adalah pembayaran digital. Contohnya, pengguna transportasi umum yang selalu membutuhkan kartu uang elektronik. NFC mampu membaca sisa saldo dan melakukan top up melalui mobile banking. Selain itu, fitur ini juga mendukung pembayaran nirhubung.


Meski NFC juga dapat dilakukan oleh bluetooth, tetapi ada beberapa fungsi yang membuatnya lebih unggul. Apalagi di tengah pesatnya kemajuan dan kebutuhan masa kini yang berpusat pada smartphone dan teknologi digital.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments