Mengenal Internet of Things atau IoT

Ilustrasi penggunaan IoT (Internet of Things). (sumber: Pexels)
Isi Tabel

Internet merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan kita di dunia modern ini. Namun, pernahkah anda mendengar istilah Internet of Things atau IoT?

Jika belum pernah mendengar, maka kamu wajib membaca artikel ini. Sebab, ada sejarah, pengertian kegunaan, dan tantangan dari IoT. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: 4 Alasan Harus Pakai Aplikasi Discord Khususnya Gamers!

Sejarah

Pada tahun 1982 di temukanlah sebuah mesin yang menjadi cikal bakal perkembangan IoT di dunia. Mesin tersebut adalah Internet Coke Machine yang berada di Carnegie Mellon University.

Dimana mereka menghubungkan mesin tersebut dengan internet dan memuat informasi tentang ketersediaan produk. Kemudian, juga memberi informasi tentang minuman yang baru dimasukan kedalam mesin, minuman yang dingin, dan yang sudah siap diminum.

Ilustrasi mesin produk minuman berbasis IoT

Penemuannya itu pun menghasilkan produk yang menjadi cikal bakal IoT di dunia. Pada tahun 1990 John Romekey menciptakan pemanggang roti yang dapat diaktifkan dengan internet.

Kemudian, tahun 1994 Steve Mann menciptakan sebuah WearCam. Lalu,  tahun 1997 Paul Saffo menciptakan teknologi sensor. Sementara pada tahun 1999, seorang bernama Kevin Ashton secara perdana menjelaskan tentang konsep ide Internet of Things kepada dunia

Sampai saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi IoT dan tahap perkembangannya pun sangat pesat. Lalu, untuk pengguna produk IoT di dunia masih dalam masa pengenalan dan adaptasi dengan teknologi ini.

Mengenal Pengertian IoT

IoT merupakan sebuah konsep ilmu dalam teknologi informasi. Dimana memungkinkan sebuah objek memiliki kemampuan untuk mengirim informasi atau data dari objek tersebut melalui jaringan tertentu. Dalam prosesnya dilakukan secara otomatis dan tidak melibatkan campur tangan manusia.

Bisa dibilang IoT merupakan sebuah sistem mandiri yang saat pembuatannya sudah diprogram sedemikian rupa untuk melakukan interaksi, melalui internet sebagai jembatannya.

Jadi, saat produk yang menggunakan IoT sudah selesai dibuat dapat langsung berjalan sesuai perintah pemrogramannya. Sementara itu, manusia disini hanya berperan sebagai pengatur dan pengawas saja.

Kegunaan IoT

Sadar atau tidak sadar mungkin beberapa dari kita sebenarnya menggunakan produk dari IOT dalam kehidupan sehari-hari. Produk tersebut merupakan barang yang terhubung dengan internet, salah satunya handphone. Dimana beberapa sistem dalam handphone menggunakan IOT dalam menjalankan sistem operasinya.

Ilustrasi logo Jakarta Smart City

Dalam lingkup yang lebih kompleks IoT berhubungan dengan smart home bahkan smart city. Konsep smart city sudah mulai digunakan di Jakarta untuk mengatur CCTV, pelacak lokasi transportasi umum, serta pengukuran ketinggian air di sungai atau kali

Mengenal Tantangan dari Sistem Internet of Things

Sesuatu yang baru, tentu tidak terhindar dari tantangan. Tantangan utama dari IoT sendiri hampir mirip dengan teknologi lainnya, yaitu keamanan identifikasi pengguna, kontrol dan akses, keaslian, dan kerahasiaan. 

Oleh karena itu, hal tersebut menjadi tantangan bagi pembuat produk IoT. Mereka perlu memastikan pengembangan baik hardware maupun software di dalam produk itu. Jadi, produk yang dibuat dapat bekerja secara selaras.


Setelah mengenal secara keseluruhan tentang IoT ini, kita dapat melihat bahwa sangat sulit untuk menahan kecepatan laju teknologi. Oleh sebab itu, kita perlu dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

IoT sendiri masih dalam tahap awal untuk globalisasi dimana peluangnya masih besar dan tenaga ahli masih terbatas. Bahkan, bagi orang yang memiliki skill teknologi bidang IoT dicari di seluruh dunia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments